Mohon tunggu...
Rasyikah Raffi
Rasyikah Raffi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Pariwisata Universitas Gadjah Mada

Membaca dan suka konten fiksi

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Menikmati Indahnya Pemandangan Waduk Sermo di Kulon Progo

17 Desember 2023   23:45 Diperbarui: 18 Desember 2023   00:14 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Waduk Sermo (Rasyikah Raffi) 

 

Waduk sermo adalah sebuah bendungan buatan manusia yang terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. waduk ini dibangun pada tahun 1994 dengan tujuan untuk menyuplai air irigasi, usaha perikanan, pariwisata, prasarana olahraga air. selain itu, waduk ini berfungsi sebagai pengendali banjir dan sumber air bersih bagi masyarakat sekitar. Waduk sermo juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Yogyakarta. waduk ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau, dan pemandangannya sangat indah serta menenangkan sehingga membuat waduk ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk berlibur, berenang dan memancing. di sekitar waduk terdapat fasilitas untuk berwisata seperti area parkir, tempat makan, area bermain anak dan area berkemah. disana juga terdapat beberapa spot indah untuk mengambil foto dengan pemandangan langsung ke air dan hutan sekitarnya.

saat itu saya dan rekan saya berangkat pagi dari sleman menuju ke Waduk Sermo kulon progo dengan menggunakan motor, kami menempuh perjalanan sekitar 1 setengah jam untuk sampai di Kulon Progo, di sepanjang jalan menuju Kulon Progo terdapat sawah-sawah hijau yang membentang luas selain itu juga terdapat destinasi wisata lainnya, sesampainya di Kulon Progo saya dan rekan beristirahat sebentar di salah satu pendopo yang ada di Waduk Sermo tersebut. setelah selesai beristirahat saya dan rekan saya turun dari pendopo dan naik ke atas untuk menuju warung yang ada di pinggir jalan waduk sermo, saat berjalan menuju warung saya mencium aroma sempol digoreng, bakso dan sosis yang dibakar karena di depan waduk sermo terdapat pedagang kaki lima yang sedang berjualan dan merupakan warga lokal Dusun Sermo. 

Gambar 2. Pemandangan dari atas Waduk Sermo (Rasyikah Raffi) 
Gambar 2. Pemandangan dari atas Waduk Sermo (Rasyikah Raffi) 

setelah sampai di salah satu warung mie ayam yang ada di Waduk Sermo saya dan rekan saya pun memesan 2 mangkok mie ayam dan 2 gelas es jeruk, sembari menunggu pesanan jadi saya dan rekan saya menikmati pemandangan waduk sermo dari samping kanan saya. setelah menunggu beberapa menit, akhirnya pesanan saya dan rekan saya pun jadi, kami mulai menikmati makanan dan minuman yang ada di meja kami. rasa mie ayam di warung ini sangat enak, mie nya tidak terlalu lembek dan bumbu dari ayam nya sudah sangat cukup dan pas, setelah selesai makan saya dan rekan sedikit penasaran dengan waduk sermo ini karena area parkirnya yang tidak terlalu luas, akhirnya saya pun berjalan ke salah satu tukang parkir yang ada di waduk sermo

"permisi pak, sebelumnya bolehkah saya meminta waktu bapak sebentar?" ucapku


"silahkan neng, ada apa ya? ucap bapak tersebut

"mau nanya pak, ini tuh kenapa ya area parkirnya hanya segini? apa tidak ada rencana untuk diperluas?" ucapku

"jadi gini neng, jalan nya ini kan sudah sempit nah kalau nanti area parkir diperluas takutnya jalan nya akan semakin sempit jadi ini dibiarkan segini saja area parkirnya" ucap bapak tersebut

"seperti itu ya bapak, oiya pak dilihat-lihat juga ini warung kios seperti buat makan itu hanya ada 3 nah itu apakah tidak tambahan lagi pak" ucapku

"sudah tidak boleh dibangun lagi, karena sudah beberapa warung tadi" ucap bapak tersebut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun