Mohon tunggu...
Khairunnisa
Khairunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

DPL : Rina Maryanti, S.Pd.,M.Pd.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

25 Juli 2021   17:19 Diperbarui: 12 Agustus 2021   14:04 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peningkatan jumlah kasus positif di Indonesia akibat COVID-19 membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia merekomendasikan pembelajaran daring sebagai upaya menurunkan angka penyebaran virus.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendididkan dalam Masa Darurat Pandemi  Covid-19, menghendaki agar seluruh peserta didik bisa mendapatkan layanan pendidikan yang optimal namun tetap mengutamakan protokol kesehatan guna memutuskan rantai Covid-19 semaksimal mungkin.

Adapun dengan pemberlakuan tersebut membuat pembelajaran dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi, tetapi para pengajar dituntut harus melek teknologi karena sistem pembelajaran di alihkan menjadi pembelajaran daring yaitu secara online. Selama pembelajaran daring ini pengajar harus mencari metode pembelajaran yang menarik agar pelajar tidak mudah merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran daring ini. 

Pembelajaran yang dilaksanakan secara daing memiliki kelebihan maupun kekurangan. Salah satu kelebihannya yaitu menjadikan materi pelajaran dapat tercapai lebih mudah dan lebih luas dapat dipelajari oleh peserta didik.

Hal tersebut memudahkan pengajar maupun peserta didik untuk tetap mengajar dan belajar meskipun sedang melalukan pembelajaran daring dari rumah masing-masing. Dalam pembelajaran daring ini pengajar dapat menggunakan aplikasi whatsaap, google classroom, zoom dan masih banyak lagi. Tetapi disinilah kekurangan pembelajaran daring bagi pengajar maupun peserta didik yang kurang menguasi teknologi mungkin akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Maka dari itu melalui KKN Tematik yang sedang saya laksanakan saat ini dengan bimbingan dari dosen pembimbing lapanggan (DPL) ibu Rina Maryanti, S.Pd.,M.Pd. saya mendampingi dan membantu para pengajar yang membutuhkan bantuan dalam proses pembelajaran daring khususnya dalam penggunakaan aplikasi-aplikasi dan yang lainnya.

Diharapkan dengan adanya program KKN Tematik dalam bidang pendidikan ini yang bertujuan untuk mendampingi dan membantu pengajar dan peserta didik dapat bermanfaat bagi pengajar dan peserta didik yang sedang kesulitan dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring. Tidak hanya kepada pengajar dan peserta didik tetapi kepada masyakarat dan khususnya orang tua peserta didik dapat terbantu dengan adanya pendampingan yang sedang saya laksanakan saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun