Mohon tunggu...
Senipedia
Senipedia Mohon Tunggu... Freelancer - Senipedia.id : Referensi Kesenian dan Kebudayaan Indonesia

Informasi seputar Kesenian dan Kebudayaan di Indonesia maupun Dunia.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Gaya Hidup Sehat bagi Karyawan yang Biasa Bangun Subuh

18 November 2018   03:19 Diperbarui: 18 November 2018   04:27 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sistem Operasional Prosedur yang digunakan oleh Perusahaan tempat saya bekerja sekarang memang patut diacungi jempol. Pasalnya, salah satu S.O.P. yang dimuat didalamnya adalah mewajibkan semua karyawan dari Divisi Maintenance (Bengkel) untuk absen Finger-Print sebelum jam 07.00 disetiap hari kerja (Senin-Sabtu).

Kebijakan ini benar-benar punya pengaruh yang besar terhadap Kesehatan jasmani dan rohani. Sebut saja soal Kebugaran dan Kesiapan mental sebelum memulai Rutinitas pekerjaan yang saya lakoni setiap harinya.


Ilustrasi Bangun Pagi
(sumber: sleeptasticsolution.com)

Melalui Kebijakan ini, Pembagian waktu tidur di malam hari lebih terorganisir secara efisien, yang menyebabkan rasa Bugar benar-benar didapat ketika bangun.

Pengalaman ini dijejak mulai 1 Juni 2016. Saya menerima amanah baru yang akan diemban kedepannya dengan status Karyawan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) di Kab. Pasaman Barat, Sumatera Barat, dan memposisikan saya sebagai Mekanik (bengkel) di Perusahaan tersebut.

Berdasarkan Jabatan, saya berada di bawah naungan Divisi Maintenance, yang punya jadwal masuk jam 07.00 setiap hari / jam kerja.

Kendati demikian, terhitung mulai hari itu saya selalu konsisten untuk bangun lebih dulu sebelum Matahari. Olahraga, mandi, shalat, sarapan dan terakhir berangkat kerja.

Kebiasaan Positif ini masih tetap eksis mengisi setiap pagi saya, setidaknya selama 2 tahun terakhir. Manfaat yang saya dapat selama itu juga tidak main-main.

Mau tau manfaat apa yang saya dapat dari bangun sebelum matahari terbit selama 2 tahun terakhir ini ? Berikut ulasannya.

1. Olahraga seakan menjadi suatu Kewajiban di setiap pagi

Tidak lengkap rasanya jika bangun di keadaan yang masih gelap, namun tidak mendahulukan Olahraga. Setiap harinya, Olahraga seakan sudah jadi suatu kewajiban, yang teringat pertama kali setelah Shalat Subuh adalah Olahraga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun