Mohon tunggu...
rani nuraini
rani nuraini Mohon Tunggu... pelajar, mahasiswa

Masih dalam proses belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resume E-book "Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital"

1 Juli 2020   15:43 Diperbarui: 1 Juli 2020   15:40 17 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resume E-book "Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital"
sumber : https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/

Teknologi digital berawal dari perangkat komputer yang kemudian berkembang secara terus-menerus menjadi alat komunikasi saat ini. Adanya perkembangan teknologi ini membawa banyak manfaat. Namun, juga membawa dampak buruk bagi penggunanya.

Di sinilah peran penting orang tua untuk selalu membimbing anak-anaknya agar dapat menggunakan teknologi dengan baik dan etis. Seperti a) menambah pengetahuan orang tua seputar media digital; b) mengarahkan penggunaan media digital dengan tepat;  c) mengimbangi waktu penggunaan media digital dengan interaksi di dunia nyata; d) meminjamkan anak media digital sesuai kebutuhan; e) memilihkan aplikasi yang positif; f) mendampingi dan meningkatkan interaksi anak dengan orang tua; g) menggunakan media digital dengan bijaksana; dan h) menelusuri kegiatan anak di dunia maya.

Orang tua dapat menggunakan cara, yaitu menyesuaikan penggunaan teknologi atau perangkat digital dengan usia anak. Misalnya untuk anak usia 2-3 tahun dengan kebutuhan pengembangan motorik dan sensorik anak. Orang tua dapat memanfaatkan media digital dalam bentuk audio dengan didampingi dan membatasi waktu penggunaannya untuk menghindari tayangan atau konten yang kurang sesuai. Sedangkan untuk anak usia 4-7 tahun dengan kebutuhan perkembangan motorik halus dan pemahaman konsep dasar.

Orang tua dan anak dapat membuat kesepakan bersama dalam pemanfaatan media digital untuk menunjang pembelajaran anak dan sebagainya. Setiap rentang usia memiliki kebutuhan perkembangan yang berbeda-beda, sehingga hal ini perlu diperhatikan agar dalam memanfaatkan teknologi yang ada tidak terjadi salah sasaran pengembangan.

VIDEO PILIHAN