Â
Di era globalisasi seperti sekarang ini perkembangan teknologi memang tidak pernah ada habisnya dan menjadi suatu hal yang sangat berpengaruh terhadap aspek kehidupan tidak terkecuali pada aspek pendidikan. Hadirnya teknologi di dunia pendidikan menciptakan begitu banyak inovasi pembelajaran. Salah satu bentuk teknologi yang sedang marak diperbincangkan dan banyak digunakan di bidang pendidikan akhir-akhir ini yaitu teknologi Augmented Reality (AR).
Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang mampu menggabungkan objek visual 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata, lalu memproyeksikan objek-objek virtual tersebut secara real time. Penerapan AR ini akan sangat membantu kegiatan pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu, hadirnya AR sebagai media pembelajaran juga menjadikan proses pembelajaran jauh lebih efektif dan efisien.
Media pembelajaran yang saat ini masih sering digunakan dalam proses belajar mengajar yaitu dengan menggunakan buku teks. Namun, penggunaan media ini dirasa belum cukup efektif untuk dapat menyampaikan materi kepada peserta didik, khususnya materi yang memiliki konsep abstrak dan kompleks seperti planet di tata surya. Penggunaan gambar diam yang terdapat pada buku teks membuat peserta didik cenderung pasif dan kurang interaktif. Hal tersebut karena media gambar kurang maksimal dalam memberikan respon timbal balik, kurang terlihat nyata, dan kurang menarik. Dari permasalahan tersebut memunculkan inovasi pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi AR yang dapat dijadikan stimulus untuk meningkatkan minat dan kompetensi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Hal tersebut kemudian memotivasi dan mendorong mahasiswa Asistensi Mengajar jurusan Geografi Uuniversitas Negeri Malang untuk mengembangkan produk pembelajaran bagi peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 6 Malang dengan berbasis teknologi Augmented Reality Book pada mata pelajaran Geografi. Media pembelajaran berbasis AR-Book pada mata pelajaran Geografi materi planet ini nantinya akan mempermudah peserta didik dalam memahami isi materi dengan cara menampilkan objek 3D pada gambar 2D yang tertera pada buku.
Berdasarkan hasil uji coba dan wawancara terhadap peserta didik di kelas X IPS 2, penggunaan media AR-Book pada proses pembelajaran menurut peserta didik jauh lebih menarik dan dapat meningkatkan minat dan kompetensi peserta didik untuk mempelajari materi Geografi. Selain itu, mayoritas dari peserta didik juga baru mengetahui teknologi Augmented Reality (AR).
Melalui kegiatan ini mahasiswa Asistensi Mengajar jurusan Geografi UM berharap pada masa yang akan datang diharapkan di SMA Negeri 6 Malang tidak ada keterbatasan dalam media pembelajaran seiring dengan perkembangan tekonologi. Sebab, dengan memanfaatkan teknologi dalam pendidikan sebagai media pembelajaran jauh lebih menarik dan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Dengan demikian, penggunaan media berbasis AR ini dapat menjadi solusi dalam proses pembelajaran, terkhusus di SMA Negeri 6 Malang.