Mohon tunggu...
Rania Wahyono
Rania Wahyono Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelancer

Mencari guru sejati

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Ciri-Ciri Kamu Mengalami Kebangkitan Spiritual Setelah Melewati Fase "Dark Night of The Soul"

28 November 2022   11:20 Diperbarui: 29 Desember 2022   15:43 2528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saat Dark Night of The Soul menghampiri hidupmu. (Sumber foto: pexels.com)

"Tujuan dari fase ini adalah melepaskan dan menanggalkan semua atribut yang berhubungan dengan keegoan dan kemelekatan."

Apakah kamu mengalami penolakan dari orang-orang di sekelilingmu baik itu teman, rekan kerja, keluarga, lingkungan sosial bahkan orang yang kamu cintai? 

Mengalami kehilangan dan goncangan yang bertubi-tubi dalam kehidupanmu? Atau mengalami masalah serius dalam keuangan, karir, hubungan, pendidikan atau kesehatan?

Saat kamu mengalami sisi kelam dalam hidupmu biasanya kamu terjebak dalam kesedihan yang tak berujung dengan menangis setiap hari, mengurung diri, memiliki perasaan tak berguna dan tidak berharga, tidak nafsu makan, malas melakukan aktifitas apapun, depresi bahkan sampai bunuh diri.

Hal-hal tersebut  bisa dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali. Dalam sisi spiritual kamu mengalami fase malam kegelapan jiwa atau Dark Night of The Soul. 

Tujuan dari fase ini adalah melepaskan dan menanggalkan semua atribut yang berhubungan dengan keegoan dan kemelekatan. 

Ketika tujuan hidup kamu berlandaskan ego maka kamu akan kehilangan jati dirimu yang sebenarnya karena tujuan hidup telah berubah menjadi ambisi.

Permasalahan yang sering terjadi  adalah mencari jalan keluar tanpa melepaskan ego, terjebak dalam doktrin yang salah dengan menganggap kita adalah mahluk berdosa dimana justru memperburuk kejiwaan kita, atau melakukan kamuflase dengan kesenangan semu yang bersifat sementara.

Dark Night of The Soul bisa dibilang merupakan malam kematian ego, dimana rasa keakuanmu dihancurkan, jati dirimu yang palsu dilepaskan dan keluar dari zona nyamanmu.

Tujuannya adalah pemurnian jiwa menemukan diri sejatimu dan kemudian kamu akan bertransformasi menuju kehidupan baru. Fase inilah yang dinamakan kebangkitan spiritual atau Spiritual Awakening. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama? 

Berikut ini adalah tanda-tanda kebangkitan spiritual yang bisa membantumu lebih memahami tentang perjalanan spiritual masing-masing individu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun