Mohon tunggu...
Wiselovehope
Wiselovehope Mohon Tunggu... Novelis - Karyawati swasta, ibu dua putra, pembaca dan penulis.

aka Kak Jul ~ Instagram: @wiselovehope Https://linktr.ee/wiselovehope Https://pimedia.id/wiselovehope Email: wiselovehope@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Fakta-fakta Manis Tentang Menulis!

7 November 2022   09:15 Diperbarui: 7 November 2022   13:22 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi via Pixabay

Sadarkah kita, menulis bukan hanya sebuah metode komunikasi (selain bicara/lisan). Kebanyakan orang enggan menulis karena dianggap sukar, lelah, penuh aturan, takut dibaca dan dikomentari orang lain. Padahal sama saja dengan bicara, menulis juga sebenarnya sangat mudah! Ini sederet fakta manis yang kerap kita tidak sadari!

1. Menulis dapat dilakukan siapa saja, cukup dengan mengerti huruf dan angka. Bahkan anak-anak PAUD dan nursery juga sudah diajarkan menulis, lho.

2. Semua orang yang sudah mengerti huruf dan angka pasti pernah menulis. Menulis status, memo, oret-oret pun sudah bisa disebut menulis.

3. Menulis bisa dilakukan bukan hanya lewat ketikan atau alat tulis biasa (kertas dan pena). Nenek moyang kita juga sudah lama menulis di atas prasasti, perkamen kulit, bahkan di tempat-tempat yang tak terduga (dinding gua, batu gunung, dan lain-lain). Sejak awal manusia menulis, kita kenal zaman sejarah. Sebelum manusia menulis dan belum ada bukti peninggalan tertulis disebut zaman prasejarah. Tentunya kita tak mau kalah dengan leluhur kita, bukan?

4. Menulis sama saja dengan berbicara tanpa suara via ketikan dan tulisan. Tidak perlu pakai mulut, tidak berisik, juga bisa diwariskan.

5. Menulis bisa selalu diperbaiki dan dikoreksi sebelum diluncurkan, beda dengan bicara yang kadang keceplosan atau tak bisa ditarik kembali jika sudah terlanjur diucapkan.

6. Menulis tidak sesukar yang dibayangkan. Cukup tuliskan saja apa yang ada dalam hati kita. Ibaratnya jika kita lapar, kita bisa ke rumah makan, tinggal menyebutkan makanan apa yang ingin kita pesan. Demikian pula dengan tulisan.

Katakan saja sejujurnya dan sebanyak-banyaknya apa yang kita inginkan, rasakan, ungkapkan. Jika kita bisa binge watching, binge eating, mengapa tidak bisa binge writing?

7. Menulis bisa bersumber dan terinspirasi dari apa saja dan siapa saja.  Tapi satu hal yang pasti, sebaiknya semua kata-kata berasal dari hati kita sendiri. Sama seperti berbicara, kita tentu tak mau kata-kata kita diatur dan disuruh oleh orang lain, bukan?

Nah, setelah membaca poin-poin di atas, tentunya tidak ragu lagi untuk mulai menulis, bukan? Jangan ragu dan malu-malu. Ada banyak sekali manfaat dari menulis. Mari mulai perjalanan menulismu hari ini juga!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun