Mohon tunggu...
Wiselovehope
Wiselovehope Mohon Tunggu... Kompasianer, Novels Author, Content Creator

Instagram : @wiselovehope, @z.couple.rj, @z.royal.family.jtv (My Creations) Noveltoon, Goodnovel, Wattpad : Wiselovehope Https://linktr.ee/wiselovehope Email : wiselovehope@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Penulis yang Hebat Belum Tentu Baik, Penulis yang Baik Sudah Pasti Hebat!

17 Mei 2021   08:59 Diperbarui: 17 Mei 2021   11:34 61 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penulis yang Hebat Belum Tentu Baik, Penulis yang Baik Sudah Pasti Hebat!
Ilustrasi via Freepik.com

Seringkali penulis jumpai banyak sekali penulis di platform-platform menulis yang ada, yang menyediakan wadah untuk menyalurkan hobi, telah berhasil masuk ranah 'Penulis Hebat' alias dianggap telah membuahkan 'prestasi' baik dari segi banyaknya pembaca, komentar, sampai pemasukan.

Kira-kira beginilah tafsiran umum bagi seorang penulis yang sering dianggap sudah 'hebat' atau menjadi acuan / patokan sesama penulis atau junior-junior seperti saya:

1. Masuk ke dalam rekomendasi bacaan, dalam kata lain, halaman utama.

2. Sanggup memenuhi target yang disyaratkan dalam platform.

3. Terakhir namun sering dijadikan tujuan atau motivasi utama para penulis masa kini : mendapatkan penghasilan yang besar. 

Namun sejatinya, menjadi 'penulis yang hebat' saja sebenarnya belum cukup. Sebab semua itu sebenarnya bukan sesuatu yang luar biasa penting atau harus. Karena sesungguhnya, menulis juga sama seperti semua pekerjaaan, hobi maupun kegiatan lainnya, tentunya memiliki keterbatasan-keterbatasan sendiri, antara lain waktu, tempat dan ide.

Seorang penulis yang baik, sebenarnya justru memiliki hal-hal sederhana yang sesungguhnya dimiliki oleh siapa saja yang berbakat maupun berminat dalam menulis, walau sekecil apapun :

1. Ide dan motivasi yang beragam dan tak hanya itu-itu saja, yang takkan pernah habis dan hanya terbatas karena masalah tempat dan waktu.

2. Berusaha mencari sesuatu yang baru, dalam kata lain tak gampang ikut-ikutan sesama penulis lain atau hanya berusaha menulis genre yang laris manis saja.

3. Karena inspirasi menulis sejatinya datang dari hati, maka menulis harus dilakukan dengan menggunakan hati yang paling dalam, bukan hanya otak dan tangan saja.

Bila kita belum bisa mencapai gelar penulis hebat, jangan pernah berkecil hati. Sebab semua yang dituliskan di atas tentunya bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda dan saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN