Mohon tunggu...
Ramayanti Sitanggang
Ramayanti Sitanggang Mohon Tunggu... Lainnya - Karyawan Swasta

Bekerja Olagraga Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tips Sukses Menjadi Telemarketing

26 September 2022   00:56 Diperbarui: 26 September 2022   00:56 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

10  Tips  sukses untuk  pemula menjadi telemarketing


    Berbicara tentang telemarketing, pastinya kita jualan hanya   melalui telepon, LDR an, tidak pernah tatap muka,  hanya dengan modal suara, kita tidak perlu panas-panasan untuk menjual produk kita, selain itu, kalau closing, banyak bonusnya juga lo, yang mau sukses jadi telemarketing, berikut saya jelaskan tipsnya:


1.  Jangan berbicara seperti layaknya seorang telemarketing
     Maksudnya adalah tidak perlu basa basi, contoh, bagaimana kabarnya Pak hari ini, dll
Bangun kedekatan dengan klien, anda bukan robot, berbicaralah selayaknya berbicara dengan teman akrab kita sendiri
     Bila perlu saat berbicara dengan klien, menyebutkan kata "saya" gantilah menjadi nama anda. Untuk membuat tamu itu ingat dengan anda, ketika klien  callback, klien akan mencari dan ingat anda.


2. Tentukan berapa processing atau daily call setiap hari, contoh 200 call setiap hari


3. Siapakan teknik pitchingan
    Rencanakan bagaimana cara menjelaskan  produk yg kamu tawarkan dengan menarik, dan buatlah keuntungannya itu  ada pada klien bukan pada anda.


4. Intonasi
   BJangan lupa atur intonasi gaya berbicara anda selalu konsisten, jangan karena mendekati closing, intonasinya malah gak karuan, ngebut, pastikan selalu sama atau rata  dari dari awal sampai akhir
    Selalu antusias menjawab saat klien merespon atau bertanya
    Smilling voice, saat kita berbicara  happy, suara bagus, klien pun senang dan nyaman merespon kita, bahkan jadi tertarik dan senang dan ingat dengan anda.


5. Fokus
    Saat bekerja fokuslah, masalah di luar jangan pernah bawa di kantor, selesaikan pekerjaanmu dengan beres,


6. Siapakan Strategi,
    Perhatikan  setiap list data tamu yang akan kamu telepon
    Baca Data Klien tersebut  dan sesuaikan penawaranmu dengan kebutuhan klien,  
    Rasakan saat klien berbicara, supaya anda bisa simpulkan ketertarikan klien  itu seperti apa
     Ingat taget daily callmu berapa setiap hari, jadi Jangan buang2 waktu berbicara  dengan klien yg awalnya sudah menolak atau tidak tertarik dengan produk anda.


7.   Pastikan pahami spesifik tantangan Prospeckan anda,
     Jaga data atau follow up  setiap prospeckan anda,
     Pastikan kendalanya dimana, apa yang dikawatirkan klien, Sehingga kamu bisa pecahkan masalah dengan matang


8. Bermentalah Bajalah
    Ketika kamu mengalami penolakan dari klien, dan  kamu  menangis dan sedih setiap ada  penolakan,  kamu tidak akan bisa sukses  menjadi telemarketing, jadi jaga hati dan emosi kita, anggaplah  itu makanan sehari-hari, sudah biasa.
    Jangan lupa, berpikir positiflah selalu, sesuatu yang diawali dengan positif, pasti akan menghasilkan  yang baik untuk tetap menjaga mood anda


9. Motivasi
    Jika anda  tidak ada motivasi, bagaimana anda bisa semangat dan fokus bekerja, jadi buatlah apa motivasi terbesarmu, mungkin ingin membeli sesuatu, atau mau menyelesaikan study,   tuliskan, bila perlu buat catatan itu tampilkan  di komputer atau meja  anda.
     Afirmasikan motivasi anda itu, tanamkan di dalam diri anda, ingatlah selalu, bahwa anda pasti bisa.
     Jadilah termotivasi selalu


10. Jangan lupa,  Bekerja sambil berdoa, Tuhan pasti wujudkan

Sekian, Terimakasih, semangat berjuang untuk kita semua...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun