Mohon tunggu...
Ramanda Putri Yani
Ramanda Putri Yani Mohon Tunggu... Lainnya - Amanda Putri

✨ Dengan menulis aku bisa Mendengarkan Isi hati ✨

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hubungan Membaca Bisa Memengaruhi Kemampuan Menulis

18 September 2021   22:19 Diperbarui: 18 September 2021   22:23 122 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hubungan Membaca Bisa Memengaruhi Kemampuan Menulis
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah salah satu proses paling penting dalam menulis. Ungkapan yang merakyat, memang. Tapi benar adanya. Jendela tersebut hanya bisa dibuka ketika kita punya kuncinya, dan kuncinya adalah membaca.

Semakin banyak seseorang membaca, wawasan dan pengatahuannya pun akan semakin luas, sehingga memiliki banyak referensi atau ide untuk menulis. Dengan kata lain, tiap kalimat yang dituliskan akan mengalir mudah, karena sudah mempunyai bekal informasi.

Lalu, apa sih yang membuat membaca dapat mengasah kemampuan menulis kita? berikut alasan dibaliknya

Memperluas Wawasan dan Ide Melimpah

Apapun yang ditulis baik buku, cerpen, jurnal, artikel, fiksi maupun nonfiksi, pasti memberikan informasi yang ilmu atau pengetahuannya bisa kita ambil. Contoh, kamu ingin menulis tentang media sosial. Kamu harus mencari tahu dulu apa fungsi dari media sosial tersebut, apa saja fiturnya, cara menggunakannya, bahkan sejarah dibalik pembuatannya. Nah, hal-hal tersebut dari mana lagi kita dapatkan informasinya, selain dari membaca berbagai sumber atau mengobservasinya secara langsung.

Belajar Teknik Menulis

Setiap penulis-penulis terkenal pasti mempunyai cara khas dan unik masing-masing. Bisa dari plot, gaya bahasa, atau cara menggambarkan penokohannya. Dengan hal-hal tersebut, bisa dijadikan referensimu dalam menulis.

Melalui membaca, seseorang bisa mempelajari teknik menulis yang digunakan oleh penulis buku yang dibacanya. Misalnya, kamu ingin menjadi penulis novel, maka kamu perlu membaca banyak novel dengan tema atau genre yang sama dengan novel yang akan kamu tulis. Dari situ kamu bisa belajar banyak hal, di antaranya mencari judul yang menarik, membuat opening, menulis dialog, merancang konflik, membangun karakter tokoh, menyusun penyelesaian, hingga teknik membuat ending yang berkesan.

Memperkaya Kosakata dan Penyajian Kalimat

Pernah nggak kamu merasa nulis kata yang itu-itu saja? Atau bahkan setelah dibaca ternyata telah menulis beberapa padanan kalimat yang mirip? Jika ya, itu tandanya kamu kekurangan kosakata. Buku hadir memberikan jutaan kata dan kalimat yang bisa memperkaya pilihan kalimatmu saat menulis.

Dengan sering membaca juga membuat kamu peka terhadap kalimat atau pemilihan kata. Kamu jadi tahu pengaplikasian susunan karangan yang logis dan urut sesuai tata penggunaan bahasa. Tulisanmu akan jadi lebih mudah dicerna oleh pembaca.
Membaca akan membuat jalan pikiranmu jadi lebih lentur dan tentunya meningkatkan kreativitas. Kamu coba deh baca buku-buku ini untuk melatih skill menulis kamu jadi lebih 'gahar'!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan