Mohon tunggu...
Rama Ghanny
Rama Ghanny Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Orangnya Gasuka Makan Sayur, Ga Tahan Pedes

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungin Saat di Yogyakarta

1 Desember 2023   18:35 Diperbarui: 1 Desember 2023   18:37 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Booth jajanan alun-alun kidul Yogyakarta, Senin(27/11/)Sumber : Dokumen pribadi Rama Ghanny

Apakah kalian pernah mendengar tentang alun-alun kidul Yogyakarta? Yogyakarta merupakan kota yang memiliki kebudayaan yang sangat kental, sampai dengan saat ini kota dengan julukan  kota pelajar, sekaligus kota wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang datang dari berbagai belahan dunia.

Alun-alun kidul yogyakarta menjadi salah satu wisata yang wajib kalian kunjungi ketika kalian sedang berada di yogyakarta, tempat nya yang strategis serta dekat dengan transportasi umum, menjadikan alun alun kidul sebagai destinasi wajib saat kalian berada di Yogyakarta.

Alun-alun kidul Yogyakarta juga menyajikan suasana yang sangat menyejukan ketika kalian datang pada malam hari, disana kalian bisa jalan jalan dan kumpul bersama keluarga maupun bersama teman teman. Di alun alun kidul Yogyakarta juga ada tempat dimana masyarakat lokal berjualan, dari jajanan lokal, hingga jajanan yang hits di era sekarang.

Banyak cerita sejarah dari Alun-Alun Kidul Yogyakarta, apalagi jika menyangkut dengan dua buah pohon beringin besar yang menjadi ikon dari Alkid.Salah satu daya tarik yang membuat orang datang ke alun-alun kidul Yogyakarta adalah adanya mitos beringin kembar, yang dimana siapa yang berhasil berjalan di antara dua beringin dengan mata tertutup, maka konon keinginan dan hajatnya akan terkabul. Hal ini disebut Masangin.

"Biasanya orang orang dating kesini untuk kumpul bersama keluarga atau teman, dkarna tempat nya disini juga adem, banyak yang jualan juga sih, dan hambatan nya mungkin ketika hujan,itu sedikit orang datang ke alkid karena kurangnya tempat berteduh" ucap Doni salah satu pedagang di alkid. Senin(27/11)

Alun-alun kidul Yogyakarta tidak hanya di kunjungin oleh warga lokal, turis dari luar negri ataupun orang dari luar jawa, menjadikan bukti bahwa alun alun kidul adalah salah satu wisata yang wajib dikunjungi, dari tempatnya yang enak dan ramainya masyrakat lokal berjualan, menjadikan alun alun kidul yogyakarta sebagai salah satu iconic Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kesan pertama saya sih ga expect ya mas ternyata serame ini, apalagi saya dating saat malam hari, banyak orang orang disini, jajanan nya juga beragam, parkir lumayan enak juga sih, pokonya kalo kejogja wajib sih buat ke alun-alun kidul Yogyakarta" Ucap salah satu pengunjung alun-alun kidul Yogyakarta.

Sangat disarankan bagi kalian untuk mengunjungi alun-alun kidul Yogyakarta, karena kalian akan mendapatkan experience yang berbeda ketika berada disana, dengan pesona nya yang begitu indah serta banyak nya mitos mitos zaman dahulu yang masih banyak dipercaya sampai sekarang oleh banyak orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun