Mohon tunggu...
Ramadhan Alfadri
Ramadhan Alfadri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Elektro

Mahasiswa Teknik Elektro - Kelas B

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Harus Bersatu Dalam Menghadapi Keberagaman

16 Oktober 2021   12:23 Diperbarui: 16 Oktober 2021   12:49 49 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Kami Putra Dan Putri Indonesia Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu , Tanah Air Indonesia"."Kami Putra Dan Putri Indoensia Mengaku Berbangsa Yang Satu , Bangsa Indonesia"."Kami Putra Dan Putri Indoensia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia"

Tulisan di atas ditulis dan dibuat oleh para pemuda dan pemudi Indonesia dan dikenal dengan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 oktober 1928 dan isi dari sumpah pemuda merupakan hasil dari rapat para pemuda pemudi Indonesia atau kongres pemuda II. Dan hingga sekarang kita kenal dengan Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda sendiri dibuat oleh para anggota kongres pemuda II dimana anggota dari kongres pemuda II terdiri dari pelajar di seluruh Indonesiadan kongres tersebut juga dihadiri oleh perwakilan perwakilan pemuda daerah seperti Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatra Bond dan  Jong Ambon . Mereka semua berkumpul untuk menyatukan semua pelajar di seluruh Indonesia dengan cara merumuskan Sumpah Pemuda . Dan yang diketahui isi dari Sumpah Pemuda ialah mengakui bahwa kita sedarah dan setanah air Indonesia,mengakui bahwa bangsa kita adalah bangsa Indonesia dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Dari peristiwa Sumpah Pemuda dapat kita ambil pelajaran bahwa kita harus bersatu walaupun terdapat perbedaan seperti warna kulit,bentuk rambut,ras,suku dan lain lain sebagainya. Mengapa kita harus bersatu? jawabannya ialah karena kita tidak ingin negara yang kita cintai hancur dan rusak oleh sifat kita yang tidak ingin bersatu yang mementingkan diri sendiri,organisasi sendiri ,agama sendiri dan golongan sendiri.

Membangun dan menjaga Indonesia bukanlah perkara yang gampang ,melihat keberagaman yang ada di Indonesia yang sangat banyak dapat menjadi ancaman bagi persatuan bangsa Indonesia apabila tidak kita kelola dengan baik dan benar.sebaliknya jika kita berhasil menjaga dan saling toleransi antar sesama maka keberagaman ini akan menjadi sebuah anugrah yang sangat besar untuk kemajuan bangsa ini.

Untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan kita sebagai warga negara Indonesia .Kita harus meningkatkan wawasan mengenai kebangsaan dan kesadaran nasional,selain itu kita juga harus mengingat sejarah perjuangan para pahlawan untuk menyatukan negri tercinta ini dari berbagai keberagaman suku ras dan agama.

Tanpa perbedaan itu maka tidak akan tercipta bangsa Indonesia. Kita hanya perlu ikhlas untuk mengabdi bahwa kita dilahirkan berbeda . Dari perbedaan ini kita bisa menyaksikan hadirnya Indonesia yang warna warni.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan