Mohon tunggu...
muhamad ramadani
muhamad ramadani Mohon Tunggu... Penulis Rebahan

Tukang rebahan yang menuangkan tulisan melalui keresahan

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Sejarah Internet dan Perkembangannya di Indonesia

20 Februari 2020   22:07 Diperbarui: 20 Februari 2020   22:10 29 0 0 Mohon Tunggu...

Internet di zaman sekarang kerapkali digunakan oleh banyak orang untuk banyak hal. Hampir setiap kehidupan ini memerlukan internet agar kegiatan yang Anda lakukan menjadi lebih mudah. Misalnya ketika Anda ingin mengetahui tentang resep makanan Anda bisa langsung membuka internet. Akan tetapi bagaimana sejarah internet pada awalnya? Simak ulasan berikut untuk lebih lengkapnya.

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi menjadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Karena dengan internet akan mempermudah berbagai hal. Apalagi pekerjaan sekarang memerlukan internet untuk menunjang penyelesaian pekerjaan. Kemudian ketika ingin melihat video terbaru dari artis idola bisa langsung membuka internet.

Sejarah Internet

ARPANET murupakan sebuah sistem rintisan dari Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency. Hal ini dilakukan pada sekitaran tahun 1960-an. Dari sinilah awal mula sebelum munculnya teknologi internet. Kemudian pada tahun 1980-an, internet sudah mulai digunakan. Akan tetapi dalam hal mengaksesnya tidak semua orang bisa melakukannya.

Internet hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu yang ada di Amerika Serikat. Dalam hal ini untuk menghubungkan beragam universitas ataupun kampus populer. Dari sini dapat dilihat fungsi dari internet di kala itu. Tahun 1990 merupakan tahun dimana ARPANET diturunkan. Akan tetapi hingga sekarang internet telah merambah di berbagai dunia dan banyak digunakan.

Kemudian pada tahun ini layanan dengan jenis basis tampilan grafis populer disebut www (world wide web). Dalam hal ini dikembangkan oleh CERN. Lalu InterNiC pada tahun 1993 didirikan dengan tujuan untuk melayani pendaftaran nama domain yang berasal dari publik. Kemudian internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994. Itulah sejarah singkat tentang sejarah Internet.

Perkembangan Internet di Indonesia

Dengan adanya internet berbagai hal bisa dilakukan oleh seseorang. Akses informasi yang tiada batas pun bisa dinikmati. Dunia seakan tidak memiliki sekat karena dengan internet seluk beluk tentang suatu tempat pun bisa diakses dengan mudah.

Pada awalnya internet lebih dikenal dengan sebutan Paguyuban Network. Penamaan ini sama dengan semangat kekeluargaan yang terjalin antar para pengembang teknologi. Selain itu hal ini juga memiliki perbedaan dengan suasana pengembangan yang ada di Indonesia. Tentu pengembangan saat seperti sekarang lebih menuju pada tujuan komersial.

Akan tetapi terlepas dari hal tersebut, dengan adanya pengembangan internet mampu mendongkrak perekenomian Indonesia. Berbagai e-commerce telah bermunculan dan dapat ditemui dengan mudah oleh masyarakat. Selain itu, para entrepreneur yang ingin memulai usaha bisa memanfaatkan internet untuk menjalankan usaha yang baru di rintis.

Beberapa pengembang legendaris yang tercatat dalam hal pengembangan internet di Indonesia yaitu Putu, Robby soebiakto, Onno Purbo, RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Adi Idrayanto, dan Muhammad Ihsan. Para pengembang tersebut namanya dikenal sejarah perkembangan internet pada tahun 1992 hingga 1994. Selain itu, para pengembang tersebut juga telah banyak mendedikasikan diri dalam pengembangan sejarah IT yang ada di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN