Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 110 x Prestasi Digital Competition (72 writing competition, 28 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Orangnya Sudah Pergi Wanginya Ketinggalan, Aroma Apakah?

1 Juni 2025   07:28 Diperbarui: 2 Juni 2025   12:39 619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi menggunakan parfum | Lux Magazine via Kompas.com

Acapkali ku mendengar perkataan, celotehan atau pernyataan dari seseorang "itu cewek udah pergi, tapi wangi parfumnya ketinggalan". Tentu membuat cewek itu akan di-notice oleh orang-orang yang membicarakannya, termasuk diriku.

Wangi ini coba kucari tahu, ternyata itu aroma parfum yang menggunakan fragrance Oud atau Oudh. Aroma Oud saat ini sedang populer bersaing dengan ketenaran aroma amber. Pecinta aroma di Indonesia memang menyukai aroma yang kuat dan manis.

Banyak orang ingin ketika dirinya pakai parfum, tercium oleh orang lain dan senang jika orang sekitarnya memberikan apresiasi "kamu wangi pakai parfum apa  ??..."

Aroma Oud dikenal di kalangan pecinta aroma sebagai "aroma lima ribu dolar per pon," dan juga "aroma pohon dari surga" yang merupakan salah satu bahan baku wewangian termahal di dunia.

Out berasal dari agarwood atau gaharu, fragrance ini diekstrak dari kayu teras pohon gaharu yang terinfeksi jamur. Tanaman ini banyak ditemukan di hutan lebat di Asia Tenggara, India, dan Bangladesh. 

Bahan baku Oud ini diekstrak melalui penyulingan dari kayunya atau dengan melelehkan resinnya, dan kemudian dijadikan minyak bahan dasar parfum.

Kayu Oud (sumber Foto : 
Kayu Oud (sumber Foto : 

Tidak mudah mendapatkan bahan baku Oud, untuk setiap sepuluh pohon di alam liar, hanya satu yang memiliki kayu teras yang terinfeksi. 

Industri parfum mencari pohon-pohon tua gaharu karena kekayaan aroma resinnya.  Tapi, banyak dari pohon-pohon tua ini sekarang sudah dianggap sebagai spesies tanaman yang terancam punah.

Harga Atsiri Gaharu yang Selangit

Forbes melaporkan bahwa harga minyak ini bisa mencapai $5.000 per pon, dan nilainya dapat mencapai satu setengah kali lipat nilai emas....wow... karena alasan ini, minyak atsiri gaharu disebut sebagai emas cair.

Pengecer minyak ini sering kali menjual botol berisi 3 gram seharga Rp 4,5 juta atau lebih. Mahal memang tapi sesuai dengan kualitasnya, hanya dengan sedikit minyak per aplikasi dan satu botol, aromanya dapat bertahan selama setahun penuh dalam penggunaan harian.

Aroma Kuat dari Oud

Wengi dari Oud terbilang kompleks, di mana secara bersamaan menyengat, kuat, dan memberi kesan menyenangkan, dengan menghadirkan aroma hangat dari kayu yang lembut. 

Beberapa brand memadukan dengan sentuhan aroma manis dari bunga (floral) dan buah (fruity), dengan aroma dominan adalah musky yang terkesan sensual.


Wangi Oud yang begitu kompleks merupakan anugerah alam yang berharga, bahannya yang langka dan cocok bila dipadukan (di layer) dengan minyak atsiri aroma lainnya.

Tentu akan menciptakan aroma dengan kesan kemewahan , luxury dan ternotice yang merasuki setiap ruangan yang dijejak oleh penggunanya.

Oud dan Sejarahnya

Oud telah digunakan sejak zaman kuno dan ada bukti yang tak terbantahkan tertulis dalam kitab suci berbagai budaya kuno. Salah-satunya Nabi Muhammad dengan kebiasaan pengasapan dengan gaharu, sehingga dikenal di timur tengah hingga saat ini.

ilustrasi pembakaran gaharu sebagai pengharum (sumber foto: fotomem)
ilustrasi pembakaran gaharu sebagai pengharum (sumber foto: fotomem)

Catatan di Vietnam yang berasal dari abad ketiga masehi menyebutkan adanya ekstraksi gaharu dan di ekspor Oud ke Cina dan Jepang, sebagai dupa yang digunakan berabad-abad. 

Bahkan orang-orang Cina kuno yang kaya mempersiapkan atau keluarganya membuat peti mati mereka dari kayu teras yang mengandung resin ini.

Ada kaitan kuat antara penggunaan bahan dasar aromatik ini dengan tradisi Fengshui yang merupakan suatu disiplin ilmu yang mengatur aliran energi di suatu tempat tertentu.

ilustrasi gelang gaharu (sumber foto: Olivia Quynh)
ilustrasi gelang gaharu (sumber foto: Olivia Quynh)

Dalam tradisi Buddha, karya seni dan budaya untaian manik-manik paling berharga yang berjumlah 108 terbuat dari kayu gaharu. Secara sejarahnya, budaya timur tengah menghargai resin tersebut sebagai minyak esensial dan parfum penggunaan pribadi.

Penggunaan Oud juga menembus bangsawan Eropa, keluarga kerajaan Prancis, khususnya Louis XIV yang terkenal glamornya, sangat menyukai aromanya hingga ia mencuci pakaiannya dengan Oud.

Itu kenapa aroma Oud dikenal sebagai aroma yang mewah, karena secara historis memiliki nilai yang tinggi dan digunakan oleh orang-orang yang berkedudukan tinggi.

Penggunaan Oud Saat ini

Oud menjadi aroma yang populer sehingga memunculkan sintetisnya. Situs parfum populer "Fragrantica" menyatakan bahwa sebagian besar parfum dengan aroma gaharu saat ini menggunakan oud sintetis. 

Hal ini karena harga produk originalnya yang begitu mahal. Apalagi bahan sintetis ysng bermunculan memiliki aroma yang mirip dan hampir serupa.

Aroma Oud gaharu adalah bahan mewah dan sering digunakan dalam parfum niche dan high-end.  Dalam kurun waktu belakang ini, beberapa desainer terkenal telah meluncurkan produk parfum sendiri yang memanfaatkan minyak esensial gaharu yang mewah ini.

parfum dengan aroma Oud (sumber foto: olah digital Andri M)
parfum dengan aroma Oud (sumber foto: olah digital Andri M)

Di antaranya, Oud Wood dari Tom Ford, Oud Royale dari Armani Prive, M7 Oud Absolu dari YSL, Oud Ispahan dari Dior, dan di produk dalam negeri (lokal brand) ada Scentplus Pro Player Dominant. 

Penggunaan aroma Oud dalam komposisi parfum, sering dijadikan base notes (aroma dasar) yang cenderung bertahan lama di kulit setelah aroma lainnya menghilang. 

Aroma yang kuat dan bold membentuk base notes parfum dengan aroma dasar sangat kaya, berat, dan tahan lama (hingga enam jam atau lebih), sering kali penggunaan Oud untuk parfum dengan longitivity Extrait de Parfume.

**

Bila Anda penggemar aroma yang kuat dan tahan lama, Oud jawabannya. Aroma Oud bagi pria dapat menunjukkan diri Anda merupakan pria alpha. 

Sedangkan bagi wanita Oud dikenal sebagai aroma yang mewah, intens, dan eksotis, dan ketika digunakan bisa menghasilkan kesan yang sangat menarik, memikat dan sensual.

***

Salam hangat, Blogger Udik dari Cikeas,

Bro Agan aka Andri Mastiyanto

Threads @andrie_gan I Tiktok @andriegan I Twitter @andriegan I Instagram @agan_reborn & @andrie_gan I Blog - kompasiana.com/rakyatjelata

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun