Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 48 x winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, Penyuluh Kesehatan, Admin Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Klinik Asiki Papua, Upaya Korindo Meningkatkan Kualitas Kesehatan Warga Pedalaman

20 September 2020   16:33 Diperbarui: 22 September 2020   19:10 566 20 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Klinik Asiki Papua, Upaya Korindo Meningkatkan Kualitas Kesehatan Warga Pedalaman
Deskripsi : Klinik Asiki Papua, Upaya Korindo meningkatkan kualitas kesehatan warga pedalaman I Sumber Foto; olah digital

"Saya tidak menyangka, di daerah terpencil ada klinik besar (Klinik Asiki) dengan fasilitas yang setara dengan puskesmas di kota besar," ujar dr. Anurman Huda,MM.,AAK selaku Deputi BPJS Divisi Regional XII Papua-Papua Barat saat menilai Klinik Asiki (2018)

Klinik yang saya tuliskan ini merupakan contoh nyata bagaimana pelaku usaha yang berinvestasi di daerah dapat berperan aktif menjaga kesehatan yang Baik Untuk Sesama dan mengangkat derajat kesehatan warga disekitar lokasi usaha di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Bila kita menilik masa kepemimpinan pemerintahan Presiden Joko Widodo begitu memberikan perhatian khusus untuk membangun daerah-daerah pinggiran yang selama ini tertinggal yang memiliki predikat kawasan 3T yang sejalan dengan butir ketiga Nawa Cita.

Namun, kenyataannya masih banyak masyarakat mempertanyakan peran Pemerintah membangun daerah 3T, tetapi mereka tidak mau memberi solusi dan ikut terlibat. Fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan memang cukup terbatas di daerah-daerah terpencil tidak hanya di daerah 3T.

Pelaku Usaha Bisa Berperan Membangun Daerah tertinggal, terdepan, dan terluar ( 3T ).

Untuk itu perlunya kita memberi apresiasi bagi masyarakat/pelaku usaha yang mau ikut membantu dan memberi solusi bagi pembangunan kawasan 3T yang  menjadi terasnya Indonesia. Karena hal ini bisa memberi contoh bagi pelaku usaha lainnya untuk melakukan hal yang sama yakni menjaga kesehatan yang Baik Untuk Sesama. 

Program Pemerintah berusaha mewujudkan Nawa Cita dimana mengajak pelaku usaha untuk berinvestasi di daerah perbatasan. Dengan meningkatnya investasi maka diharapkan sejalan dengan pembangunan daerah tersebut. 

Pemerintah menginginkan pelaku usaha tidak hanya berinvestasi dari sisi ekonomi saja, juga diharapkan membangun fasilitas kesehatan di 3T. Salah-satu pelaku usaha tersebut yang tergerak membangun fasilitas kesehatan di daerah 3T ialah Korindo Group dengan unit bisnis PT.Tunas Sawa Erma (TSE).

Korindo Group bersama KOICA (Korea International Cooperation Agency) menghadirkan klinik modern bernama Klinik Asiki Papua yang berlokasi di Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua. Daerah ini merupakan salah satu daerah paling timur, sekaligus berbatasan langsung dengan negara tetangga Indonesia, Papua Nugini. 

Deskripsi : kegiatan promotif dan preventif yang dijalankan Klinik Asiki yang ditujukan kepada masyarakat Boeven Digoel Papua I Sumber Foto: Korindo News
Deskripsi : kegiatan promotif dan preventif yang dijalankan Klinik Asiki yang ditujukan kepada masyarakat Boeven Digoel Papua I Sumber Foto: Korindo News
Klinik ini secara gratis memberikan pelayanan kesehatan bagi putra daerah dan masyarakat Papua yang tidak mampu. Apa yang dijalankan merupakan kontribusi Korindo Group dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat setempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x