Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Pegawai Negeri Sipil , Seller Online

Penyuluh KesMas,admin Coin Pendidikan (Coin A Chance) RSKO Jakarta, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member 2016, kaskuser.

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Tim Indonesia Raih Juara Rally Level Internasional di Ajang Asia Cross Country Rally 2018

22 September 2018   07:21 Diperbarui: 22 September 2018   08:00 3157 3 1
Tim Indonesia Raih Juara Rally Level Internasional di Ajang Asia Cross Country Rally 2018
Deskripsi : Tim Indonesia menyabet juara 1 dan 2 di ajang AXCR 2018 I Sumber Foto : dokpri

Saat ini Indonesia sedang euforia sukses penyelenggaraan Asian Games 2018. Baik itu euforia opening ceremony, closing ceremony, penyelenggaraan event, dan juga euforia raihan prestasi yang menembus 98 medali. Indonesia akhirnya menempati posisi keempat dengan koleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Hasil ini menjadi pencapaian tertinggi Tim Merah Putih selama ikut serta di Asian Games.

Hasil tersebut membuat pemerintah dan rakyatnya begitu bangga dan mengapresiasi para atlet yang mempersembahkan mendali. Sebelum event Asian Games 2018 terdapat pula atlet lari meraih mendali emas yakni Lalu Muhammad Zohri dalam kejuaraan dunia lari 100 meter U-20 di Finlandia pada pertengahan Juli kemarin dengan catatan waktu 10,18 detik. Atlet lari tersebut menghentak jagat maya Indonesia dan kemudian menjadi trending topic nasional.

Ada kebanggaan lain yang berasal dari olahraga motosport yang bertarung di Kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2018, yang diselenggarakan di Thailand-Kamboja. Tim JNE-Furukawa Battery Indonesia meraih juara dalam kategori women moto class dengan pembalap duo cantik, Ayu Windari dan Irma Ferdiana yang mengendarai sepeda motor KTM 250EXC dan Husaberg FE250.

Kesuksesan duo srikandi indonesia di ajang rally AXCR 2018 tak luput dari dukungan JNE, Furukawa Batere, Kedutaan Besar Indonesia di Thailand & Kamboja, dan berbagai sponsor lainnya.

Deskripsi : Tim JNE-furukawa Batere Indonesia bersama sponsor utama JNE dan Furukawa Batere I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Tim JNE-furukawa Batere Indonesia bersama sponsor utama JNE dan Furukawa Batere I Sumber Foto : dokpri
Untuk mengapresiasi prestasi dari para anak bangsa yang mengharumkan nama bangsa, diselenggarakan Award & Thanksgiving PartyJNE Furukawa Battery Indonesia Rally team 2018. Kegiatan ini merupakan moment penyerahan plakat penghargaan dan terima kasih JNE Furukawa Battery Indonesia Rally team 2018 kepada sponsor dan pihak pendukung yang dilaksanakan pada tanggal 20 September2018 di TGIF Friday Pondok Indah Mall 3 Jakarta Selatan.

Award & thanksgiving party ini dihadiri oleh tokoh otomotif baik dari kalangan Rally, Offroad maupun builder kenamaan di Indonesia. Tampak hadir pula Sekjen PP IMI yang merupakan perpanjangan tangan FIA di Indonesia Jeffrey JP, juga ketua umum Indonesia Offroad Federation Askar Kartiwa. 

Pihak JNE dan Furukawa Battery yang merupakan sponsor utama pun turut hadir. Mr. Shinichiro Sean Ota yang merupakan Director Member Of The Board Coporate Officer Furukawa Battery dari Jepang datang mendampingi Leonard Sabas dari PT. Furukawa Indomobil Battery Manufacturing.

Pada ajang AXCR 2018 kategori motor wanita, peraih Juara 1 yakni Irma Ferdiana dengan catatan waktu keseluruhan 22 jam 57 menit 15 detik. Sedangkan Juara ke 2 dipersembahkan Ayu Windari dengan perolehan waktu keseluruhan 23 jam 41 menit 12 detik. Saya pun sebagai anak bangsa ikut bangga kepada pembalap & tim, tanpa sungkan-sungkan saya mengucapkan selamat kepada Irma dan Ayu!

Selain tim motor, Tim JNE-Furukawa Batere Indonesia juga melibatkan tim mobil dengan menggunakan Jeep Cherokee 4000 cc yang bertanding di Auto Class T1G . Driver Tim mobil Memen Harianto didampingi co-driver Rimhalsyah dan Lody Natasha yang berhasil finis dengan catatan waktu 39 menit 55 detik menempati posisi ke 7 pada T1.G

Drama Meraih Juara AXCR 2018

Sebuah kesempatan yang tidak akan terlupa sebagai seorang blogger melihat dan mendengarkan langsung dari para juara AXCR 2018 dan tim pendukung. Pengalaman penuh drama bagaimana mereka berjuang mengharumkan nama bangsa. Bahkan di acara award & thanksgiving party ini saya merasa terhormat sebagai salah-satu dari sedikit blogger yang mendapat invitation

"Sebuah perjuangan heroik yang mengharukan dari Tim JNE-Furukawa Batere Indonesia. Inilah tim yang saya impikan. Kompak dan saling membantu. Tim Motor dapat meraih prestasi karena ada peran dari tim mobil juga” Jelas Rudy Poa selaku team manager.

Prestasi tim motor dimulai saat Start leg ke-6 atau final leg dimulai dari LBN Asian Hotel, Khampong Cham, Kamboja yang berjarak total 137 km, Sabtu (18/8/2018). SS ke-6 adalah yang terpendek dari semua SS di ajang Asia Cross Country Rally 2018 kali ini.

Pada saat pertandingan berlangsung, Irma Ferdiana yang start pada posisi ke-12. Ketika akan mendekati finish, Irma didekati pembalap dari negara lain Norihisa Matsumoto yang start posisi ke-16. Namun Irma berhasil mempertahankan posisinya, sehingga dirinya dapat finish dengan catatan waktu 31 menit 24 detik.

Sementara itu, rekannya di tim motor, Ayu Windari, yang start pada posisi ke-18 menyelesaikan SS ke-6 dengan baik. Ayu finish tepat di belakang Irma dengan catatan waktu 32 menit 53 detik. Srikandi asal Jember ini berhasil mempertahankan di posisi ke 2 di kategori wanita.

Pembalap sekaligus guru olahraga yang baru melangsungkan pernikahan setelah kembali dari AXCR 2018, Irma ferdiana, menyampaikan "Saya diuntungkan menggunakan motor dengan bobot yang ringan. Alhamdulillah, saya dapat meraih posisi terbaik dikelas saya” ujar nya

Ini perjuangan yang tak mudah. Sering kali kami nyasar. Bahkan kami mengikuti mobil yang mengikuti ajang Rally ini juga, tanpa sadar saat mengikuti mobil dari belakang saya terperosok di lubang. Saya pun sempat mengalami kerusakan pada alat navigasi saya. Dan saya berhasil membetulkan sendiri di tengan jalan. Bagaikan sebuah drama, seru dan menegangkan. Ini event yang tak akan saya lupakan” Ujar Ayu Windari

Penganugerahan piala kepada pemenang berlangsung di Diamond Island Convention Hall-Kamboja, pada hari Minggu (19/8/2018) yang bersamaan dengan berlangsungnya Asian Games 2018 di Indonesia. Mungkin karena event Asian Games 2018 dan eforia pembukaan yang spektakuler, berita kemenangan tim JNE-Furukawa Batere Indonesia tidak begitu terekspose.

Keberhasilan tim motor tidak lepas dari bantuan tim mobil JNE-Furukawa Batere Indonesia. Ayu Windari berkisah bahwa saat terjadi kerusakan pada kendaraan ia terus berkomunikasi dengan tim mobil melalui radio. Cerita Ayu diperkuat ucapan driver Tim Mobil Memen yang bercerita bahwa mereka juga harus berjuang membantu motor Ayu yang bermasalah. Tim supporting tidak boleh membantu saat racing berlangsung, yang hanya bisa membantu ialah sesama peserta Rally

Deskripsi : Tim JNE-furukawa Batere Indonesia (kiri-kanan), Rimhalsyah, Irma Ferdian, Ayu Windari, Lody Natasha, Memen Harianto, dan Rudy Pos I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Tim JNE-furukawa Batere Indonesia (kiri-kanan), Rimhalsyah, Irma Ferdian, Ayu Windari, Lody Natasha, Memen Harianto, dan Rudy Pos I Sumber Foto : dokpri
Apa yang tim mobil lakukan menurut saya menggunakan prinsip komando 'Jangan Ada Teman Yang ditinggalkan' walaupun pada saat pertandingan berlangsung, tim mobil terkendala pada patahnya mounting bypass shockbreker belakang. Pantas saja Rudy Poa selaku team manager JNE-Furukawa Batere Indonesia terlihat begitu bangga dengan tim-nya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2