Mohon tunggu...
Fitria Awalinudin
Fitria Awalinudin Mohon Tunggu... Raja MPO Pulsa | Casino Games Slot Deposit Pulsa Online
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis Artikel Lepas Terbaik dengan harga Terjangkau. Terima Jasa Skripsi harga Mahasiswa.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Makanan Oleh-oleh Khas Cirebon yang Enak

11 Oktober 2019   13:35 Diperbarui: 11 Oktober 2019   13:41 0 1 0 Mohon Tunggu...
Makanan Oleh-oleh Khas Cirebon yang Enak
Makanan Khas Cirebon / kuliner.com

Makanan Oleh Oleh Khas Cirebon disebut kota udang. Kota yang terletak di jalur Pantura ini memiliki potensi wisata yang sangat besar. Kunjungan ke Cirebon akan memungkinkan Anda mendapatkan banyak hal berbeda dalam waktu singkat. Jika Anda masih meragukan kota kecil ini, yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini adalah alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan mengunjungi kota yang terkenal ini dengan keanekaragaman kulinernya yang lezat.(kuliner.com)

Budaya Khas Cirebon masih sangat padat dan kuat. Daerah ini memiliki budaya campuran dari ratusan tahun yang lalu. Ada orang Jawa, Cina, dan Arab yang hidup berdampingan secara harmonis. Jika Anda datang ke Cirebon, Anda akan mempelajari hasil budaya, seperti Tari Topeng Cirebon, Tarling, Sintren, dan Teater Cirebon. Selain seni tari dan pertunjukan, Cirebon juga memiliki batik sebagai karya legendaris. Tentu saja, Anda sudah tahu motif mega mendun kan!

Nah, di Cirebon motifnya sangat populer. Dikatakan bahwa motif itu diciptakan oleh Pangeran Cakrabuana pada abad ke-15. Saat ini, mega mendun batik telah menjadi merek dagang Cirebon, yang selalu menjadi incaran banyak wisatawan.

Pada abad ke 15 dan 16, sebelum Belanda mulai menembus wilayah Indonesia, Kesultanan Cirebon mulai berkembang pesat. Daerah di wilayah Cirebon digunakan sebagai pusat perbelanjaan yang sangat menguntungkan antara pulau-pulau. Di kesultanan Cirebon ada setidaknya empat istana yang masih berdiri dan dirawat dengan baik. Empat istana terdiri dari Istana Kasepuhan yang merupakan pusat kerajaan. Istana Kanoman yang merupakan pusat budaya. keratin kecirebonan yang menampung banyak peninggalan seperti keris dan Istana Keprabonan.

Sekarang, jika Anda pergi ke Cirebon tidak menikmati kelezatan kuliner yang lezat Anda akan kehilangan itu. Kota ini dikenal dengan nama kuliner khasnya Nasi Jamblang. Anda akan menemukan nasi khas Cirebon yang dibungkus daun jati. Dengan berbagai lauk yang bisa dipilih sesuai dengan gaya prasmanan. Jangan lupa bahwa rebusan dan saus goreng akan menambah rasa lezat hidangan nasi Anda dengan jamblang.

Setelah itu, jangan lewatkan empal gentong yang super enak. Saus kuning yang lezat dengan potongan daging atau tenderloin sapi sangat lezat. Ingin makan dengan nasi atau lontong terserah Anda. Jangan lupa mencoba mie Koclok, kuahnya sangat kental tapi enak. Berikut adalah makanan khas dari Cirebon yang bisa anda coba :

Oleh Oleh Makanan Khas Kota Cirebon (kuliner.com)

kerupuk rambak

Cirebon cukup terkenal dengan aneka jajanannya. Salah satunya adalah kerupuk rambak. Proses memasak untuk camilan khas Cirebon unik dan agak panjang.

Pertama, kulit sapi atau kerbau dibersihkan dan dipanggang dalam minyak suhu rendah. Setelah itu, kulit kembali digoreng dengan minyak panas sampai menjadi renyah dan siap dimakan. Camilan ini, sering disebut kerupuk kulit sangat cocok untuk menjadi pendamping, menikmati makanan lezat. Jadi jangan heran jika Anda sering menemukan kerupuk ini di berbagai restoran khas Cirebon. Jadi, sambil menikmati empal gentong yang lezat, Anda juga bisa makan kerupuk rambak. Menarik bukan?

Rengginang

Makanan ini terbuat dari nasi atau ketan memiliki rasa gurih dan renyah. Biasanya, rengginang digunakan sebagai camilan atau sebagai makanan tambahan untuk menambah rasa. Itu dapat menggantikan popcorn, serta menjadi Tips dan Trik untuk menemani menonton di rumah dengan teman-teman. Menghadapi berbagai makanan ringan yang menjadi pesaing, tentu saja produsen rengginang juga berinovasi.

Sekarang rengginang dibuat dalam berbagai rasa yang bisa Anda pilih. Ada udang, keju, hingga terasi yang rasanya unik. Ukuran rengginang juga berkisar dari piring kecil, sedang hingga besar. Tertarik membawanya sebagai oleh-oleh? Anda tidak akan rugi karena harganya sangat terjangkau. Hanya dari 15.000 hingga 50.000 rupiah.(kuliner.com)

Sirup Tjampolay

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x