Mohon tunggu...
Raja Lubis
Raja Lubis Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja Teks Komersial

Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi jurnalis dan entertainer namun malah tersesat di dunia informatika dan kini malah bekerja di perbankan. Ngeblog di rajalubis.com / rajasinema.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Jelajah Kuliner Nusantara, Makan Siang di Soto Ayam Kampung Nonoy Tasikmalaya

10 Januari 2024   13:28 Diperbarui: 15 Januari 2024   15:41 577
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Soto Ayam Kampung Nonoy Tasikmalaya. (Dokumentasi pribadi Raja Lubis)

Menjadi freelancer PA (Personal Assistant) memang banyak tantangannya. Bukan cuma ngurus jadwal meeting bos, tapi juga segala macam keperluannya. Apalagi ketika dinas ke luar kota, saya harus menyusun jadwal kunjungan ke outlet-outlet sedemikian rupa agar hemat waktu dan hasil yang dicapai bisa optimal.

Hal ini pengaruh juga ke rencana penginapan dan rencana makan. Kalau untuk penginapan, sebetulnya cukup terbantu dengan adanya beberapa aplikasi pemesanan hotel atau guest house yang sesuai budget perusahaan. Tapi kalau untuk makan, agak sulit direncanakan dari awal. Jadi ya biasanya mendadak saja. Jika ada warung makan yang dilewati, ya berhenti di situ untuk makan.

Tapi penginnya, setiap kali kunjungan ke daerah-daerah itu, saya bisa menikmati kuliner khas daerah tersebut, apalagi jika kuliner tersebut sudah melegenda di masyarakat.

Nah, ketika kunjungan ke Tasikmalaya, Jawa Barat, selain direkomendasikan Nasi Tutug Oncom, saya juga direkomendasikan untuk mencicipi soto ayam kampung di resto Soto Ayam Kampung Nonoy.

Pengalaman mencoba Soto Ayam Kampung Nonoy khas Tasikmalaya

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner soto ayam? Kuliner yang satu ini, tampaknya banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia dengan keunikannya masing-masing. Apalagi kuliner khas nusantara ini dinobatkan sebagai salah satu dari 20 sup terbaik dunia versi CNN.

Di tempat saya sendiri, di Bandung, ada yang menjual soto ayam dengan kuah yang bening. Ada juga yang menjual soto ayam dengan kuah yang dominan berwarna kuning karena diracik dengan kunyit.

Nah, racikan Soto Ayam Kampung Nonoy ini beda lagi penampilannya. Soto ayam ini kuahnya berwarna putih kental seperti susu. Bahan utama kuahnya terbuat dari santan.

Area makan cukup luas. (Dokumentasi pribadi Raja Lubis)
Area makan cukup luas. (Dokumentasi pribadi Raja Lubis)

Baiklah, setelah selesai kunjungan di salah satu outlet, sekitar jam setengah satu siang, saya pergi ke resto Soto Ayam Kampung Nonoy yang direkomendasikan oleh klien. Kalau tidak salah ingat, resto ini berada di Jl. Ir. Juanda, Tasikmalaya.

Setiba di resto, saya memesan dua porsi. Satu untuk saya, dan satu lagi untuk bos saya. Ya masa, saya habiskan dua porsi untuk saya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun