Mohon tunggu...
Rainerus Alva Jati Prasetyo
Rainerus Alva Jati Prasetyo Mohon Tunggu...

Menulis untuk berbagi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hal yang Paling Sering Dialami Mahasiswa Semester Tua

15 April 2019   10:58 Diperbarui: 15 April 2019   11:43 0 0 0 Mohon Tunggu...
Hal yang Paling Sering Dialami Mahasiswa Semester Tua
Bacainaja.com


Jadi kali ini penulis akan berbagi sedikit pengalaman, gimana rasanya jadi mahasiswa tingkat akhir, bagaimana lika-likunya perasaan mereka yang kalau diliat mahasiswa baru nyeremin. Penulis pun pernah mengalami masa seperti itu, tapi penulis selalu menerapkan pemikiran, jadilah mahasiwa lulus lama yang bermartabat, artinya kita buang-buang waktu di kampus tidak dengan percuma. 

Kebanyakan mahasiswa lulus lama memang banyak alasannya, diantaranya tidak menyenangi bidang studinya, sibuk kerja, sibuk organisasi, sampe yang emang dasarnya males juga ada, nah kebetulan klo penulis ini tipe orang yang dulu sibuk di organisasi, tapi bukan berarti mereka yang berorganisasi itu tertanam image lulus telat, selama kalian pintar mengatur waktu kalian, kalian bisa menyeimbangkan dengan baik waktu kuliah, organisasi, bahkan kerja. 

Nah sayangnya penulis dulu tidak cukup pandai dalam mengalokasikan waktu tersebut. Tulisan ini aku buat, supaya mahasiswa baru mempunyai sedikit pandangan, dan mahasiswa lama, tidak tenggelam dalam "kenyamanannya" di kampus. Nah berikut ini hal-hal yang selalu dirasain sama mahasiswa-mahasiswa semester tua.

1. Rasa Malu Sekelas dengan Mahasiswa Baru.

Lifeatucr.tumblr.com
Lifeatucr.tumblr.com
Nah, hal satu ini paling sering dirasakan mahasiswa semester tua, ketika mereka harus mengulang mata kuliah semester awal, terutama mata kuliah umum. Ternyata meskipun mereka selalu terlihat menyeramkan, pada dasarnya mereka malu untuk satu kelas lagi dengan mahasiswa baru. 

Tidak jarang rasa malu ini juga menjadi penyebab mahasiswa lama tersebut untuk enggan masuk kuliah. Padahal di luar mereka terlihat sangar, saat melakukan ospek atau kaderisasi mereka bersuara paling keras. 

Penulis pun pernah merasakan pengalaman seperti ini, mondar-mandir di kampus karena galau mau masuk ke kelas apa gak, tapi seperti pepatah bilang musuh terbesar adalah diri sendiri, mengalahkan rasa malu merupakan bagian dari mengalahkan musuh tersebut. Akhirnya penulis memberanikan diri dan melupakan semua rasa malu itu jauh-jauh. 

Terus kalau sadar kalian udah mahasiswa tua, sebaiknya kurangilah kelakuan keras kalian terhadap mahasiswa baru, sudah bukan jatahnya lagi mengkader mereka, berikan kesempatan pada adik yang dulu kalian kader untuk mengkader mereka. 

Udah bukan masanya kalian memusingkan mahasiswa baru, mending pikirkan saja masa depan, serta mengingat orang tua yang udah kerja keras buat kita kuliah juga bisa membuat kita berani menyingkirkan rasa malu, karena "Everyone deserved the second chance."

2. Sedih Melihat Sahabat Wisuda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3