Mohon tunggu...
Raihan Hadinata
Raihan Hadinata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Administrasi Publik, Universitas Airlangga

Mahasiswa Administrasi Publik, Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kualitas dan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Administrasi BPJS Kesehatan

13 Juni 2022   20:29 Diperbarui: 13 Juni 2022   20:45 1295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Raihan Hadinata

Rumah sakit merupakan fasilitas yang berkembang dalam dunia kesehatan yang melayani masyarakat ketika mereka membutuhkan pertolongan pertama dalam dunia kesehatan. Tentu setiap rumah sakit memiliki kebijakan administrasi masing-masing yang berlaku, 

dalam artikel ini akan membahas bagaimana salah satu rumah sakit swasta dalam melaksanakan pelayanan administrasi dalam melayani masyarakat. Salah satu pelayanan administrasi yang diberikan dan ditawarkan oleh rumah sakit swasta yaitu pelayanan dalam pembayaran BPJS.

BPJS merupakan salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dalam membantu masyarakat agar meringankan biaya yang akan dikeluarkan. Kepanjangan BPJS yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang bergerak dalam bidang sosial yang 

memberikan jaminan sosial kepada masyarakat. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menentukan kebijakan sehingga nantinya tidak akan ada permasalahan yang muncul akibat adanya kebijakan tersebut, karena banyak kebijakan di Indonesia tidak pernah memperhatikan rakyat kecil dan cenderung merugikan. Oleh karena itu, pemerintah dan semua pelayanan publik harus membuat kebijakan yang tidak merugikan pihak manapun.

Perkembangan dari kebijakan BPJS kesehatan saat ini sangat membantu masyarakat dalam bidang kesehatan dan sangat mudahnya pembuatan BPJS sehingga masyarakat bisa sejahtera dengan adanya BPJS. Perkembangan teknologi dan informasi tidak dapat kita pungkiri, saat ini hampir semua aktivitas menggunakan teknologi digital.

Dengan adanya perkembangan ini pemerintah memberikan pelayanan dalam memberikan pelayanan prosedur BPJS bisa menggunakan teknologi sehingga penyampaian kepada masyarakat dapat terpenuhi. Efek dari pelaksanaan prosedur ini mengacu pada pandemic covid-19 

dimana membuat seluruh aktivitas dilakukan dirumah dan online. Kebijakan tersebut juga dapat membantu masyarakat dalam hal pembuatan BPJS dan pembayaran angsuran BPJS. Hal seperti ini bisa dikatakan kebijakan publik yang memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pelayanan BPJS di fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia, yaitu dengan memanfaatkan peran dari BPJS sendiri sehingga nantinya kebijakan publik ini membantu masyarakat sehingga tidak ada lagi permasalahan 

yang timbul akibat ketidakjelasan dari pemerintah terhadap pelayanan dan prosedur dari BPJS, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas dari adanya BPJS yaitu sebagai berikut:

1.Mendatangi Fasilitas Kesehatan Terdekat Untuk Mendapatkan Pelayanan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun