Mohon tunggu...
Raihan Aulia Nugraha
Raihan Aulia Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Masyarakat

Saya Mahasiswa dengan konsentrasi Ilmu Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peer Learning: Metode Pembelajaran yang Efektif bagi Siswa

27 November 2022   07:17 Diperbarui: 27 November 2022   07:19 1767
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Metode pembelajaran memiliki fungsi dan peranan yang penting bagi keberlangsungan kegiatan pembelajaran,kegiatan pembelajaran akan dirasa efektif dan mudah dipahami,jika penetapan metode pembelajarannya sesuai. Penetapan serta pemilihan metode pembelajaran meski disesuaikan dengan tujuan dan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Agar membangkitkan minat serta prestasi siswa,maka pilihkan metode pembelajaran yang sesuai salah satu bentu metode pembelajarannya yaitu peer learning atau biasa dikenal dengan pembelajaran tutor sebaya.

Metode tutor sebaya ini bukan merupakan metode yang baru,melainkan sebuah metode yang sudah lama. Namun,karena penerapannya kurang efektif karena dulu pusat pembelajaran hanya terpaku pada guru sebagai sumber utama. Tutor sebaya mengartikan jika siswa mengajar siswa lainnya atau pengajaran yang dilakukan oleh sebaya dan untuk sebaya pula. Edward L. Dejnozken dan David E. Kopel menyatakan jika tutor sebaya adalah sebuah pengajaran untuk siswa belajar dengan cara mengajari siswa lainnya. Tutor sebaya ini efektif,karena pertama pengajar memiliki hubungan kekerabatan dan usia yang sama dan terkesan dekat dalam berelasi. Sedangkan menurut Winarno Surakhmad (1994:53) tutor sebaya ialah strategi pembelajaran guna membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran dengan pendekatan kooperatif bukan kompetitif,

Pemberian rasa saling menghargai dan rasa pengertian antar sebaya membantu memperkuat metode pembelajaran ini karena tutor sebaya ini memberikan apresiasi atau penghargaan dengan rasa bangga atas peran dan kerjasama untuk membantu rekannya dalam memenuhi pemahaman belajar. Dengan demikian,dapat disimpulkan jika peer learning atau tutor sebaya ini merupakan metode pembelajaran yang sesuai dan efektif untuk diterapkan dengan pendekatan kooperatif dimana siswa berperan sebagai pengajar untuk siswa lainnya dengan menggunakan bahasa yang lebih akrab,dan hubungan yang lebih dekat.

Adapun manfaat yang akan dirasakan ketika pengimplikasian metode ini ialah siswa akan semakin terasah kemampuannya baik dalam kemampuan menjelaskan,memahami,mendengarkan,konsentrasi,dan kemampuan berkomunikasi. Penjelasan tutor sebaya ini akan semakin mudah dipahami oelh siswa karena mereka memiliki cara untuk memahami siswa lainnya,baik dalam penggunaan bahasa,dan hubungan kekerabatan. Dengan demikian,pemilihan metode tutor sebaya ini sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadi media untuk saling mengajari dan memberikan kebutuhan pemahaman bagi sesama murid. Menurut Miller (1989 dalam Aria Djalil, 1997:3.34) berpendapat jika murid akan selalu membutuhkan murid lainnya,dan murid akan belajar dan membelajarkan dari murid ;lainnya.

Adapun siswa yang berperan menjadi tutor untuk siswa lainnya ialah siswa yang memiliki kapasitas dan kualitas yang unggul dan memadai,artinya seorang tutor ialah siswa yang lebih unggul sisi akademiknya dibandingkan dengan siswa lainnya. Seorang tutor nantinya,akan mencari juga menemukan sebuah bahan untuk dipelajari dan kemudian akan diajarkan kepada siswa lainnya. Jadi,tutor akan memahami materi pembelajaran terlebih dahul,kemudian pemahamn tersebut akan disampaikan melalui pengajarannya. Informasi-informasi yang disampaikan oleh tutor meski valid agar tidak menimbulkan salah pemahaman dan juga salah arti.

Yang paling penting dalam pengimplementasian metode ini ialah bahwa siswa akan semakin memiliki sikap percaya diri dan berani untuk menjelaskan dan berbicara di depan umum. Dalam hal ini,siswa akan semakin terdorong motivasi belajarnya karena ia ingin memberikan pemahaman dan pengajaran kepada siswa lainnya. Dengan penerapan tutor sebaya ini siswa akan semakin meningkatkan gairah dan minat belajar.

Menurut  Dossuwanda,manfaat lainnya dalam tutor sebaya ini ialah siswa akan semakin diberikan pengaruh dan motivasi positif untuk terus berkembang dan belajar baik dalam lingkungan pendidikan,sosial,budaya. Juga siswa akan semakin peka terhadap siswa lainnya,dari bagaimana untuk membantu siswa lainnya paham akan materi pembelajaran, dan pencapaian dan jumlah waktu dari metode ini lebih efektif dibandingkan dengan metode teacher learning,karena peer learning ini memberikan keleluasaan dan fleksibilitas untuk memberikan pemhaman dan pengajaran bagi siswa lainnya.

Dengan demikian,dapat kita simpulkan jika metode pembelajaran tutor sebaya ini ialah suatu metode pembelajaran yang efektif yang memberikan wadah untuk membantu memenuhi kebutuhan belajar bagi siswa lainnya dengan pendekatan kooperatif. Siswa bekerja sama dan peka terhadap apa yang mereka butuhkan juga dapat menjadi sarana peningkatan kualitas pemahaman dan sarana dalam memecahkan masalah,sehingga pemahaman dan tujuan pembelajaran akan sangat mudah tercapai dan tergapai oleh seluruh siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Dossuwanda. 2008. Pengelolaan Pembelajaran Tutor Sebaya. Tersedia: (http://dossuwanda.wordpress.com/2008/04/18/pengelolaanpembelajaran-tutor-sebaya)

Surakhmad, Winarno. 1994. Metode Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Teacher Creative Corner. 2010. Pembelajaran Dengan Methode Tutor Teman Sebaya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun