Mohon tunggu...
Raihan Faisal Rizqi Akbar
Raihan Faisal Rizqi Akbar Mohon Tunggu... Semoga Bermanfaat

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (NIM : 20107030081)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Meresahkan! Suka dan Duka Kehidupan Seorang Desainer Grafis

4 Maret 2021   20:37 Diperbarui: 4 Maret 2021   21:10 344 10 0 Mohon Tunggu...

Menjadi seorang desainer grafis saat ini sepertinya menjadi salah satu profesi yang sedang diminati oleh banyak anak muda terutama di Indonesia. Profesi ini menjadi favorit karena luasnya lapangan pekerjaan yang ada dan juga fleksibilitas yang ada dalam memilih lingkungan kerjanya. 

Kebanyakan dari desainer grafis muda biasanya menekuni bidang ini berawal dari hobi sehingga mereka bisa menikmati pekerjaanya. Sebelum lanjut, kita harus tau dulu nih desainer grafis itu apa.

 Jadi apa sih Desainer grafis itu?

Berdasarkan informasi yang saya kutip dari wikipedia, desainer grafis (Graphic Designer) merupakan sebuah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau garis motion. seorang desainer grafis bertanggung jawab dalam mengkomunikasikan ide idenya untuk menginformasikan sebuah pesan agar tampak menarik melalui seni visual.

Para desainer grafis biasanya kebanyakan berasal dari jurusan Desain Komunikasi Visual, namun juga tidak menutup kemungkinan bagi orang yang memiliki latar belakang yang berbeda untuk bisa menjadi seorang desainer grafis. Seperti saya contohnya yang merupakan lulusan pelajar dari SMK jurusan Animasi.

Menurut saya sendiri desainer grafis ini merupakan salah satu profesi yang cukup erat kaitannya dengan seni. Untuk menjadi seorang desainer grafis maka dibutuhkan skill artistik yang cukup baik agar dapat menghasilkan sebuah desain yang dapat menarik orang lain. 

Selain skill artistik tentu skill lainya yang berkaitan dengan desain seperti menggambar, bermain dengan warna dan juga editing dibutuhkan untuk dapat memvisualisasikan desain tersebut ke dalam sebuah media.

Terus kelebihan jadi desainer grafis itu apa sih kok banyak yang minat?

1. Tidak membutuhkan bujet yang banyak untuk memulainya

Untuk menjadi seorang desainer grafis modal yang kamu butuhkan tidak terlalu banyak. Asalkan kamu memiliki minat dan bakat serta perangkat komputer atau software yang digunakan untuk mendesain maka itu sudah cukup untuk memulai karirmu menjadi seorang desainer grafis.

2. Luasnya lapangan kerja yang tersedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN