Mohon tunggu...
Dr. Raiders Salomon Marpaung.
Dr. Raiders Salomon Marpaung. Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Papua Memborong Emas Cabang Olahraga Sepakbola PON Papua 2021

20 Oktober 2021   20:35 Diperbarui: 20 Oktober 2021   21:13 88 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                (Tim Sepakbola Putra Papua Dok: PB PON XX Papua/Daniel RR Wambrauw)

Hingar bingar gelaran PON Papua 2021 telah berakhir pada tanggal 15 Oktober 2021 dan secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Dalam tulisan ini, saya akan mengulas tentang penyelenggaraan Cabang Olahraga Sepakbola.

Beberapa cabang olahraga yang berkompetisi dalam PON Papua ini ada yang sudah memulai lomba sebelum kompetisi ini dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 2 Oktober yang lalu. Salah satunya adalah cabang olahraga Sepakbola. Cabang olahraga ini mempertandingkan nomor beregu putra dan beregu putri.

Cabang olahraga Sepakbola dalam kompetisi PON Papua 2021 dimulai sejak tanggal 27 September yang lalu di STADION MANDALA, Jayapura untuk putra dan di STADION KATALPAL, Merauke untuk putri. Cabang olahraga Sepakbola ini telah mengakhiri rangkaian pertandingannya pada hari Kamis (14/10/2021) yang lalu.

Dalam gelaran PON kali ini, provinsi Papua berhasil tampil sebagai juara cabang olahraga Sepakbola dengan memborong medali emas untuk putra dan putri. Dalam partai final sepakbola putra, provinsi Papua di ujung timur Indonesia, berhasil mengalahkan provinsi Aceh yang berada di ujung barat Indonesia dengan skor 2-0. Provinsi Aceh harus puas sebagai runner-up dengan raihan medali perak.

Di urutan ketiga adalah provinsi Jawa Timur yang meraih medali perunggu. Dalam partai perebutan juara tiga, provinsi Jawa Timur berhasil mengalahkan provinsi Kalimantan Timur.

tim-papua-b432b12104-61701af2c01a4c62a56b34d3.jpg
tim-papua-b432b12104-61701af2c01a4c62a56b34d3.jpg
                                                                (Tim Sepakbola Putri Papua Dok: PB PON XX Papua/Yulius Rianto Gozali)

Sementara itu untuk sepakbola putri, Papua juga berhasil meraih medali emas. Dalam partai final, provinsi Papua berhasil mengalahkan provinsi Jawa Barat dengan skor 1-0. Provinsi Jawa Barat harus puas sebagai runner-up dengan raihan medali perak.

Di urutan ketiga adalah provinsi Bangka Belitung yang meraih medali perunggu. Dalam partai perebutan juara tiga, provinsi Bangka Belitung berhasil mengalahkan provinsi DKI Jakarta dengan skor 3-0.

Selamat untuk para peraih medali. Semoga dikemudian hari, Indonesia melalui PON Papua 2021, mampu menambah kekuatan Timnas Sepakbola putra yang akan berjuang dalam babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Demikian pula untuk Timnas sepakbola putri Indonesia yang akan berjuang di putaran final AFC Women's Asian Cup 2022.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan