Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Upaya Membasmi Hama Nyamuk di Rumah

30 Juli 2021   08:23 Diperbarui: 30 Juli 2021   09:10 96 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Membasmi Hama Nyamuk di Rumah
(Hama nyamuk Dok: sinttesis.co.id)

Nyamuk adalah hewan serangga yang termasuk dalam ordo lalat, genus yang berada dalam kelompok ini mencakup antara lain Anopheles, Culex, Psorophora, Ochierotatus, dan Aedes. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki Panjang. Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai "mosquito", berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil.

Sebagian nyamuk mampu menyebarkan penyakit protozoa seperti malaria, penyakit filaria seperti kaki gajah, dan penyakit bawaan virus seperti demam berdarah dengue. Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh. Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probiosis.

Setelah nyamuk kenyang, dia akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur nyamuk yang tertinggal di kulit korban akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu. Terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.     

Beberapa upaya membasmi nyamuk:

1. Pencegahan dengan menangkal nyamuk sebelum masuk ke rumah.

a. Dengan cara menanam di halaman rumah tanaman yang dapat menangkal nyamuk karena aroma yang keluar dari bunga atau daun tanaman tersebut, seperti bawang putih dan Lavender.

b. Apabila ada nyamuk yang lolos dari hadangan pertama, maka kita siapkan hadangan kedua dengan memasang kasa nyamuk pada ventilasi udara, teralis jendela, dan mengunakan pintu yang memakai kasa nyamuk.

2. Penanggulangan apabila nyamuk sudah masuk ke dalam rumah.

a. Beberapa jam sebelum tidur, semprotkan obat nyamuk semprot (saya biasa pakai produk Baygon) ke kamar tidur kita.

b. Siapkan raket nyamuk (saya pakai produk Kenmaster) untuk mengantisipasi kalau masih ada beberapa nyamuk yang lolos dari Baygon, maka ibarat penembak jitu, satu persatu nyamuk tersebut kita eksekusi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN