Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru/Dosen

Nama :Drs. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru/Dosen

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Indonesia Tampil dalam Olimpiade Catur Online 2020

17 Agustus 2020   05:15 Diperbarui: 17 Agustus 2020   05:09 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indonesia Tampil dalam Olimpiade Catur Online 2020
(Dok: olymp.fide.com)

Federasi catur internasional FIDE pada akhir bulan lalu mengumumkan akan mengadakan kompetisi besar yang baru di masa pandemi covid 19 ini. Kejuaraan itu adalah Olimpiade Online 2020 yang akan diadakan dari tanggal 25 Juli sampai dengan tanggal 30 Agustus 2020. Olimpiade Online adalah kompetisi tim nasional antar negara, sehingga semua federasi anggota FIDE berhak untuk mengikutinya.

Formasi setiap tim peserta terdiri dari enam pemain dalam format campuran dengan minimal tiga pemain wanita dan dua pemain junior. Setiap tim boleh ditambah dengan enam pemain cadangan dan seorang kapten tim. Semua tim peserta akan dibagi ke dalam 5 divisi yang diperingkat mulai dari "divisi dasar/base division" sampai "divisi atas/top division"

Tim catur Indonesia yang diperkuat 11 pemain tampil dalam kegiatan yang diikuti 163 tim dari 162 negara tersebut dan ditempatkan pada "divisi 2/division 2". Divisi 2 terdiri dari 35 tim unggulan terdaftar dengan peringkat lebih tinggi dari tim "divisi 3/division 3" dan 15 tim terbaik yang lolos dari "divisi 3/division 3". 50 tim tersebut dibagi menjadi 5 pool (dari A-E) yang masing-masing terdiri dari 10 tim.

Setiap pool memainkan 9 putaran round robin. Tiga tim teratas dari setiap pool, lolos ke "divisi teratas/top division". Indonesia tergabung dalam pool A yang terdiri dari: Bulgaria, Jerman, Indonesia, Australia, Filipina, Belarusia, Belgia, Turkmenistan, Bangladesh, dan Kyrgyzstan.

Ketua umum PB Percasi GM Utut Adianto berharap Indonesia mampu meraih posisi 3 besar di pool sehingga lolos ke "divisi utama/top division". Apabila berhasil, itu sudah bagus dan membanggakan. Ke 11 pemain yang memperkuat Indonesia tersebut adalah: GM Susanto Megaranto, IM Yoseph Theolifus Taher, WGM/IM Irine Kharisma Sukandar, WGM/IM Medina Warda Aulia, IM Gilbert Elroy Tarigan, WIM Ummi Fisabilillah, IM Novendra Priasmoro, IM Farid Firman Syah, WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite, CM Aditya Bagus Arfan, dan Laysa Latifah.    

Sumber: https://olymp.fide.com/

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x