Mohon tunggu...
Rahmi Malahayati
Rahmi Malahayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya sekarang adalah mahasiswa disalah satu universitas di Sumatra barat. saya anak ketiga dari berlima bersaudara saya anak perempuan satu satunya . Sekarang saya menyukai Kpop, idol kpop yang saya suka adalah BTS dan bias saya adalah kim seokjin .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Pertama Membatik

18 Oktober 2023   22:53 Diperbarui: 18 Oktober 2023   22:59 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar :dokumentasi pribadi

Haloo jumpa lagi sama aku...

Aku mau cerita kegiatan inspiratif modul nusantara kelompok kembang minggu ketujuh,kegiatan ini berlangsung di Gedung batik FPSD Universitas Pendidikan Indonesia,yang mana yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah salah satu mahasiswa seni universitas Pendidikan Indonesia yaitu Alfi alfiah dalam kegiatan iti the alfi menjelaskan tentang batik yang ada di jawa barat,sebelum mengenalkan macam-macam jenis batik yang ada di jawa barat teh alfi menjelaskan terlebih dahulu apa itu batik,bahan serta alat yang digunakan dalam membatik dan Teknik apa saja yang dapat dipakai dalam membatik.

Setelah pematerian selesai kami melakukan kegiatan membatik yang dimulai membuat design batik apa yang akan dibuat dan menggambarnya dikain,setelah itu kami menggunakan Teknik batik tulis dalam membatik kali ini yaitu dilakukan dengan menggunakan canting untuk melukiskan lilin malam pada kain.Bagi saya yang pemula dalam pembuatan batik tulis ini membutuhkan waktu lebih lama, ketelitian, kesabaran, keahlian, serta pengalaman.kalau tidak batik yang dihasilkan akan berantakan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Setelah selesai melukiskan lilin malam pada kain lalu kain di jemur agar malam nya kering,selanjutnya yaitu pemberian warna pada kain agar mengasilkam batik yang indah dan menarik,di pemilihan warna ini kami bebas memilih warna apa yang kami mau setelah itu kain yang sudah dicelupkan warna di jemur lagi hingga akhir dan sampe ditahap akhir kain nya direndam di air yang sudah dipanaskan untuk melunturkan malam diangkat-angkat dengan menggunakan jepitan hingga malamnya lepas dan selanjutnya dibilas dengan air bersih, diperas, dan dikeringkan.

Reporter : (Rahmi Malahayati)

Editor : (Salsa Solli Nafsika,M.Pd)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun