Mohon tunggu...
Laila Rahmatika
Laila Rahmatika Mohon Tunggu... Rahmatika

Jika kamu ingin bisa mengatur orang lain, aturlah dulu dirimu sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Struktur dari Recount Text

12 April 2021   14:37 Diperbarui: 12 April 2021   15:27 95 1 0 Mohon Tunggu...

 Pada artikel sebelumnya saya telah  membahas mengenai contoh teks dari recount teks dengan tema lebaran pada tahun 2020. Dan pada kali ini saya akan membahas mengenai masalah Recount Text sendiri yaitu menceritakan kepada pembaca mengenai  kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi sebelumnya atau peristiwa tersebut sudah pernah terjadi pada masa lalu. Pada umumnya text tersebut berisi tentang cerita yang telah dialami oleh penulis, baik itu yang menyenangkan, menyedihkan, lucu, menjengkelkan, menyebalkan, dan lalin-lain.  Peristiwa tersebut terjadi masa lampau, sehingga tentes yang digunakan adalah Past Tense. Selain menggunakan tenses Past Tense kita juga bisa menggunakan tenses Simple Past Tense, Past Continuous Tense, Past Perfect, dan Past Perfect Continuous. 

Struktur Recount Text sendiri terdiri dari 3 struktur :

  1. Orientation (pengenalan). Pada Orientation(Pengenalan )  menceritakan terkait latar belakang informasi tentang siapa, dimana dan kapan. Biasanya terdapat pada kalimat ke-1 sampai kalimat - 2.
  2. Event (peristiwa). Pada Event menceritakan peristiwa yang terjadi secara berurutan. Biasanya tertelak pada kalimat 3 sampe 2 kalimat sebelum kalimat terakhir. 
  3. Re-Orientation ( kesimpulan. Para Re-Orientation ( Kesimpulan)  menceritakan kesimpulan dari cerita itu sendiri, selain itu kita juga bisa memberikan pendapat ataupun opini . Biasanya terletak pada 2 kalimat terakhir.

Pada vidio dibawah ini adalah contoh dari Recount Text mengenai Lebaran Pada tahun 2020 . Jika ingin melihat contoh text dari recount text bisa dilihat pada artikel sebelumnya .


VIDEO PILIHAN