Mohon tunggu...
Rahmad Alam
Rahmad Alam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pemuda Nganggur yang minim prestasi tapi mau berbagi apa yang dipikirkannya

Seorang mahasiswa fakultas psikologi universitas sarjanawiyata tamansiswa yogyakarta yang punya prinsip bahwa pemikiran harus disebarkan kepada orang lain dan tidak boleh disimpan sendiri walaupun pemikiran itu goblok dan naif sekalipun.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Mengenal Ngabers, Jenis Pengguna Sosmed yang Meresahkan

26 Oktober 2021   14:55 Diperbarui: 26 Oktober 2021   14:57 437 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi, Sumber: Tiktok @rifqiicdr

Sosmed (Sosial Media) merupakan tempat dimana semua orang dapat berinteraksi dan mengekspresikan apapun selama tidak melanggar hukum dan UU ITE tentunya. 

Pengguna sosmed amat sangat banyak dan membuat kita mengklasifikasikan mereka sesuai dengan ciri dan kelakuan mereka memakai sosmed.

Mungkin kita mengenal wibu yang merupakan jenis pengguna sosmed yang dicirikan dengan kegemarannya dan postingannya yang menyukai hal-hal berbau jejepangan. Ataupun Kpopers yang menggemari K-pop. Hingga SJW (Social Justice Warrior) yang merupakan pengguna sosmed yang vokal menggangkat isu ketidakadilan.

Kali ini saya akan membahas tentang jenis baru pengguna sosmed yang telah diidentifikasikan, bernama " Ngabers". Beberapa dari kita mungkin tahu nama tersebut sebelumnya namun tidak mengerti artinya. Lalu siapa sebenarnya Ngabers ini?.

Asal Usul Nama Ngabers

Sebelum kita membahas siapa yang dinamakan ngabers ini, sebaiknya kita ketahui dulu makna dari kata tersebut. Kata Ngabers sendiri merupakan kata yang berasal dari kata "Ngab". Ngab sendiri merupakan kata kebalikan dari kata "Bang".

Kata tersebut mungkin berawal dari platfrom Tiktok yang menyebar keseluruh media sosial lainnya. Kata Ngab ini sering dipakai pada aplikasi tersebut sebagai kata sapaan. Kalimat seperti, " Ada apa Ngab?" atau " Apa kabar Ngab?" sangat sering dipakai disana.

Penggunaan kata ngab ini juga menyebar hingga ke dunia nyata. Pemakaian kata tersebut dipakai pada anak tongkrongan dan motor. Pemakaian yang berulang kali ini membuat penggguna nya disebut Ngabers. Jadi Ngabers awalnya adalah orang yang sering berkata "ngab" sebagai sapaan.    
Pada awalnya istilah Ngabers ini tidak di pandang buruk namun mengapa saat ini orang yang diberi julukan Ngabers menjadi orang yang meresahkan?.

Perilaku Ngabers yang Membuat Namanya Menjadi Buruk

Perubahan makna dari Ngabers ini berawal dari perilaku mereka yang tidak baik di sosmed. Kerap kali orang yang sering memakai kata Ngab ini juga disertai komentar yang toxic dan menjijikan. Ngabers ini biasanya melayangkan komentarnya di beberapa postingan perempuan yang dianggap menggoda bagi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Viral Selengkapnya
Lihat Viral Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan