Mohon tunggu...
Rahman Wahid
Rahman Wahid Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Menggapai cita dan melampauinya

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengapa Buku Bekas?

19 November 2021   23:15 Diperbarui: 19 November 2021   23:17 62 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Foto: Pixabay/Congerdesign

Tidak sedikit ditemukan kasus bahwa alasan mengapa orang-orang enggan untuk membeli buku adalah karena harga buku dinilai terlalu mahal. Hal tersebut nyatanya berdampak pada terhambatnya minat masyarakat yang cukup tinggi untuk membaca buku. Oleh karena itu, diperlukan alternatif lain agar minat masyarakat yang cukup tinggi untuk membaca buku dapat tetap terwadahi. Salah satu solusi cerdas yang dapat dipilih oleh masyarakat untuk menyiasati budget yang terbatas adalah dengan membeli buku bekas.

Perlu diketahui bahwa umumnya harga buku bekas dapat jauh lebih murah dari buku baru. Dengan demikian, buku bekas merupakan alternatif yang tepat untuk masyarakat, daripada membeli buku bajakan yang tentunya ilegal. Berikut adalah beberapa keunggulan membeli buku bekas.

1. Harga Jauh Lebih Murah 

Tentunya harga buku bekas (preloved) dapat jauh lebih murah daripada buku baru. Umumnya harga buku bekas adalah setengah dari harga buku baru, bahkan dapat lebih murah lagi. Oleh karena itu, buku bekas adalah solusi yang tepat dan jelas hemat.

2. Terhindar Dari Buku Bajakan

Membeli buku bekas merupakan langkah cerdas. Selain harganya yang lebih murah, membeli buku bekas juga sama dengan menghindari membeli buku bajakan yang tentu saja ilegal dan merugikan penulis.

3. Kualitas Buku yang Tahan Lama

Meskipun buku bekas yang telah dibeli merupakan cetakan yang sudah cukup lama, akan tetapi bisa dibuktikan bahwa kualitas buku bekas jauh lebih baik dari buku bajakan. Hal tersebut dapat dilihat dari kualitas cetakan, kertas, dan lem yang digunakan.

4. Ramah Lingkungan

Dengan membeli buku bekas, kita sedikitnya telah berkontribusi dalam meminimalisir penggunaan kertas (Paper Less). Selain itu, membeli buku bekas juga dapat meminimalisir menumpuknya limbah kertas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan