Mohon tunggu...
Ganendra X
Ganendra X Mohon Tunggu... Jakarta Worker

Suka nulis, fotografi, ngevlog - email: masrahab@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Big Bang! Show Kompas TV, Sebarkan Virus Sociopreneur

5 Desember 2015   22:19 Diperbarui: 5 Desember 2015   23:39 0 3 4 Mohon Tunggu...

Ketika dunia bisnis semakin bergerak riuh dengan meningkatnya nuansa kompetisi kreasi yang makin ketat. Ketika lapangan kerja menjadi sebuah tanda tanya, ketersediaannya. Ketika anak-anak muda bangsa muncul dengan aksi kreatif dan inovatif dari belahan nusantara. Ketika inspirasi seakan tiada habis laksana bersumber dari samudera. Ketika dunia bisnis berjejal dengan brand-brand yang bertebaran. Ketika inspirasi bukan lagi sekedar memberi ide, gagasan, namun aksi-aksi sosial yang berkelanjutan dan berimpek pada masyarakat luas menjadi sebuah impian usaha ideal.

BERBAGI inspirasi kepada orang lain terkait dalam motivasi ber-usaha, berbisnis sering kita dengar dan peroleh. Ide-ide brilian yang disharingkan oleh mereka para pelaku usaha yang sudah ‘mengenyam’ sukses yang sering ditayangkan di media massa dan elektronik. Perlu dan penting, serta bermanfaat, bagi anak-anak muda bangsa dengan semangat bertumbuh kembang dalam mengembangkan dirinya. Mengembangkan diri terkait passion yang dimiliki untuk menjadi sebuah usaha atau bisnis yang menguntungkan dan membuka lapangan kerja bagi orang lain. Hal demikian tentu sudah kita ketahui.

Namun bagaimana jika, sebuah usaha bisnis berkembang bukan hanya untuk mencari keuntungan semata namun berimpek sosial dan sustainable bagi lingkungannya? Bahwa bisnis adalah bisnis, dikembangkan dengan mengusung misi sosial? Kewirausahaan? Sociopreneur?

Istilah Sociopreneur yang merujuk jiwa entrepreneurship, tidak hanya berorientasi pada keuntungan, namun ada misi sosial, berusaha untuk membantu dan mengembangkan masyarakat sehingga masyarakat tersebut dapat menjadi masyarakat yang mandiri.

Poin penting ini yang saya tangkap saat mengikuti acara: Gathering Big Bang! Show Kompas TV, pada Sabtu/28 November 2015 di Studio Gold, Kompas TV. Ajang yang mengupas tentang program baru talk show inspiratif dari Kompas TV, yakni BIG BANG! SHOW dan telah tayang per 1 November 2015 yang lalu.

Program Talk show inspiratif BIG BANG! SHOW

Sejak KOMPAS TV menelurkan beragam acaranya, salah satu program baru ini (BIG BANG! SHOW) memberikan nuansa baru dalam kemasan acara yang menarik, inspiratif dan sangat bermanfaat bukan saja bagi pemirsa namun juga bagi narasumber yang hadir dalam acara. Mengapa saya bilang demikian?

Saya mulai dari mengenal program ini, seperti apa program BIG BANG! SHOW?

BIG BANG! SHOW dipandu oleh Andi F Noya. Yaaa benar Andi yang tenar sebagai presenter sebuah program televisi selama hampir 10 tahun belakangan. Kehandalannya ddalam memandu acara talkshow sudah diakui public, hingga Andy menyabet predikat Presenter Berita/ Current Affairs Panasonic Gobel Award 2010 dan 2011.

Andy dalam program Big Bang! Show, menghadirkan narasumber anak-anak muda dari dunia usaha yang kreatif, unik dan berpotensi menginspirasi. Dalam kemasan talkshow mereka diajak untuk berbagi kisah tentang dunia usaha yang dibangunnya menurut passion masing-masing. Nah hal yang berbeda dari program jenis talkshow lainnya adalah, di Big Bang! Show, dihadirkan mentor-mentor berpengalaman di bidang bisnis yang dipilih. Ada 8 mentor yang siap ‘membantu,’ diantaranya yang hadir di acara adalah Danton Sihombing, Veronica Colondam, Arto Soebiantoro, dan Billy Boen. Mentor-mentor muda yang inspiratif, sukses dan memiliki passion dalam usaha yang digelutinya. Mentor-mentor inilah yang ‘bertugas’ untuk memberikan masukan-masukan terhadap narasumber sesuai dengan passion, bidang, kultur masing-masing. Baik itu meliputi, strategi pemasaran, membangun branding, mengembangkan usaha lebih luas dan lain-lain yang sifatnya konstruktif bagi ‘bisnis’ yang sedang dibangun oleh narasumber.

Hal itu sesuai dengan misi program BIG BANG! SHOW, apa itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x