Mohon tunggu...
Moh. Rafly Pongoliu
Moh. Rafly Pongoliu Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

sepakk bolaa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Peserta Didik

1 Desember 2022   10:38 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:39 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

MOH. RAFLY PONGOLIU | 131422084

Prof. Dr. Novianty Djafri S.Pd.I, M.Pd.I

ABSTRAK

Perkembangan pedagogi sebagai ilmu yang mempelajari masalah kesehatan mental dan aktivitas psikologis dalam kaitannya dengan pedagogi sebagai interaksi merupakan cabang ilmu yang sangat penting ketika mempelajari masalah yang mengganggu atau mendukung jiwa siswa dalam belajar, sehingga dengan memahami mental keadaan siswa, guru dapat mengorganisasikan masalah ini dan berusaha mencari solusinya, maka dalam hal ini guru harus memiliki informasi komparatif tentang psikologi pendidikan, agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan terkendali.

Kata kunci:

Psikologi, Pendidikan, Pembelajaran

PENDAHULUAN

Pembinaan siswa bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami hakikat tumbuh kembang siswa sejak usia dini, mulai dari sekolah dasar, menengah, dan dewasa. Pengertian aspek pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan (anak-anak, remaja dan dewasa) Dalam bahasanya sendiri, perkembangan merupakan tahapan fisik dan psikis menuju tahapan selanjutnya. Tapi itu adalah fase irasional dan koheren. Maka siswa adalah makhluk yang tumbuh dan berkembang, yang dinamis dan memiliki ciri-ciri tertentu yang merupakan proses alami dari individu tersebut. Perkembangan siswa dengan demikian berarti tahap perubahan siswa, baik dalam aktivitasnya, cara berpikirnya maupun dalam hubungan moral, fisik, dan psikologisnya ke tahap berikutnya yang tidak masuk akal di kedua sisi. Pengembangan siswa merupakan kebutuhan bagi setiap guru.

LATAR BELAKANG

Peserta didik adalah individu yang sedang mengalami perkembangan. Perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan. Oleh karena itu, siswa harus selalu melacak kemajuan yang baik. Faktor lingkungan seperti sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan siswa. Hal ini karena sulit untuk mengontrol lingkungan yang memiliki efek positif dan negatif tanpa bantuan. Kontrol. Irham dan Wiyani, 2014:

68). Pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar biasanya tidak lepas dari karakteristik siswa dan karakteristik belajarnya. Landasan pelaksanaan konseling tidak lepas dari perkembangan siswa yang optimal. Bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan potensinya atau mencapai tujuan perkembangannya, meliputi aspek fisik, emosional, intelektual, sosial dan moral-spiritual. Oleh karena itu, muncul berbagai panduan dan kiat dengan karakteristik yang berbeda dari masing-masing teknologi, yang akan diterapkan untuk mengembangkan potensi siswa. Tidak terkecuali bimbingan dan konseling sekolah dasar.

Menurut Irham dan Wiyan (2014:

29) Kebutuhan bimbingan dan konseling di sekolah dasar pada prinsipnya tidak terlepas dari masalah perkembangan siswa. Pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dasar berbeda dengan di sekolah menengah. Dalam kepemimpinan sekolah dasar, pentingnya peran guru dalam kegiatan kepemimpinan dipertegas dengan model pembelajaran guru kelas.

METODE

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA dan PT. Subjek dari artikel ini adalah pengembangan siswa. Pada umumnya siswa di Indonesia menempuh pendidikan selama 12 tahun di sekolah, selama di sekolah siswa mengalami perkembangan berdasarkan lingkungan siswa, seperti karakter siswa dan karakteristik siswa berdasarkan lingkungan, baik keluarga, sekolah maupun sekolah. baik seperti lingkungan masyarakat

PEMBAHASAN

Dalam perkembangan siswa atau moral, anak usia 4 sampai 7 tahun menunjukkan moralitas heteronom dimana anak memandang keadilan dan aturan sebagai sifat dunia yang tidak dapat diubah dan tidak dikendalikan oleh manusia. Menurut mereka, aturan ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa. Kualitas dan kebenaran perilaku didasarkan pada akibatnya, bukan pada zaman pelakunya. Anak percaya bahwa kejahatan secara otomatis membawa hukuman. Anak usia 7 sampai 10 tahun berada dalam masa transisi dan menunjukkan beberapa ciri perkembangan moral tahap pertama dan beberapa ciri tahap kedua.Sejak usia 10 tahun anak menunjukkan moralitas mandiri. Mereka menyadari bahwa peraturan dan hukuman adalah buatan manusia, sehingga mereka mulai berpikir tentang niat dan konsekuensinya.

REFERENSI

Buku cetak pengantar Psikologi Pendidikan Dr. Heny Perbowosari, S.Ag., M.Pd Dr (C). Irjus Indrawan, S.Pd.I., M.Pd.I. Hadion Wijoyo, S.E., S.H., S.Sos., S.Pd., M.H., M.M., Ak., CA., QWP Setyaningsih, S.Ag., M.Si. 

Artikel PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK HOTIMAH-Universitas Negeri Makassar

Jurnal PERKEMBANGAN TINGKAT KOGNITIF PESERTA DIDIK DI KOTA METRO STUDENTS' LEVEL COGNITIVE DEVELOPMENT IN METRO CITY - Triana Asih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun