Mohon tunggu...
Rafa Aulia Rendiva Wiranto
Rafa Aulia Rendiva Wiranto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Seorang penulis yang tertarik dengan dunia otomotif, militer, teknologi, karya sastra, sejarah dan banyak hal menarik lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Fakta Menarik tentang Rudal Anti-Tank (ATGM)

31 Agustus 2021   09:17 Diperbarui: 31 Agustus 2021   09:34 227 2 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fakta Menarik tentang Rudal Anti-Tank (ATGM)
ATGM jenis Javelin, salah satu jenis ATGM yang paling moder dan dimiliki oleh Indonesia. (wikipedia.com)

Apakah kalian pernah melihat rekaman video ataupun foto di medan peperangan yang menunjukkan benda aneh yang meluncur atau terbang dengan cahaya berwarna kuning/merah/jingga di belakangnya dan meluncur ke sasarannya lalu meledak?

Benda tersebut adalah ATGM (Anti-Tank Guided Missile) atau rudal anti-tank yang banyak digunakan untuk menghancurkan kendaraan tempur seperti tank, AFV, APC, IFV atau bahkan suatu bangunan atau perkubuan milik yang dihuni oleh musuh.

Ruhrstahl X-7 Rotkppchen, ATGM pertama yang diciptakan saat perang dunia kedua. (nevingtonwarmuseum.com)
Ruhrstahl X-7 Rotkppchen, ATGM pertama yang diciptakan saat perang dunia kedua. (nevingtonwarmuseum.com)

Sejarah

Terlihat seperti teknologi yang sangat modern, tapi ternyata ATGM sudah ada sejak PDII. Asalnya, tidak lain dan tidak bukan adalah Jerman. X-7 "Rotkppchen" bahkan sempat dicoba oleh Jerman pada September 1944, namun ATGM ini masih memiliki karakteristik yang aneh dan tidak sempat disempurnakan saat perang dunia kedua masih berlangsung.

Kemudian konsep lanjutan dari ATGM juga dikembangkan oleh berbagai negara setelah perang dunia kedua sudah selesai, seperti Perancis dengan SS.10/SS.11, Inggris dengan Malkara, Swiss dengan Mosquito dan Uni Soviet dengan Malyutka yang sangatlah laku di pasaran serta masih digunakan hingga saat ini.

Konsep

ATGM memiliki beragam ukuran dan kaliber, namun umumnya terdiri dari tripod, sistem pemandu dan tabung yang berisi misil. Memandu misil untuk mengenai sasaran dilakukan dengan beberapa cara. 

Varian awal dari ATGM menggunakan sistem MCLOS (manual command to line of sight) dimana operator harus menuntun langsung pergerakan dari misil secara visual untuk mengenai sasaran dengan menggunakan joystick atau kontroler.

Lalu ada SACLOS (semi-automatic command to line of sight) yang mengharuskan operator untuk terus mengarahkan alat bidiknya ke sasaran hingga ATGM mengenainya, biasanya ATGM yang menggunakan sistem ini menggunakan IR (infrared)-seeker untuk melacak pergerakan misil ke sasaran dan mengirimkan sinyal dengan menggunakan kabel yang ikut meluncur saat ATGM ditembakkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan