Mohon tunggu...
Raesita Zahara
Raesita Zahara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Program Studi Ilmu Komunikasi

Hai semua selamat membaca artikel ini^^

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menceritakan Pengalaman Menjadi Seorang K-pop

18 Januari 2022   10:33 Diperbarui: 18 Januari 2022   10:53 3489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum.Wr.Wb

Haii teman-teman, apa kabar nih?
Semoga baik-baik saja dan sehat semua ya.

Semoga kalian selalu enjoy dalam membaca artikel ini. Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Perkenalkan nama saya Raesita Zahara Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan Program Studi Ilmu Komunikasi  yang mengambil konsentrasi Public Relation. 

Seperti pada artikel sebelum sebelumnya disini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya, ya bisa dibilang ini juga merupakan hobi atau kesukaan saya menjadi penyuka K-pop seperti Fangirling.

Sebelumnya ada yang udah tahu belum apa itu fangirl? pasti para penyuka K-pop, K-drama ataupun Korean Wave sangat mengenal apa itu fangirl. Korea pop atau K-pop adalah genre musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Lagu-lagu K-pop banyak dipengaruhi oleh berbagai genre musik, seperti hip-hop, electronic dance, jazz, dan rock.K-pop biasanya dibawakan oleh grup kpop yang terdiri dari empat hingga 21 anggota. 

Anggota grup Kpop disebut dengan istilah idol atau kpop idol. K-pop adalah salah satu bagian dari "Korean Wave" atau Hallyu, istilah yang mengacu pada popularitas budaya pop Korea dan acara TV, musik, dan film Korea. Jika dibagi berdasarkan gender, ada dua jenis fans yaitu fanboy (penggemar pria) dan fangirl (penggemar perempuan). Fangirling sendiri merupakan kata kerja dari fangirl yang berarti perilaku atau segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh perempuan penggemar dalam hal menunjukkan rasa cinta terhadap idolanya.

Awal mula saya menjadi penyuka Korea yaitu dari kakak saya, dimana dia selalu mendengarkan lagu korea, ngedance, dan menonton drakor (Drama Korea) sampai kakak saya itu membeli majalah gaul dan menempel poster - poster dikamar. Jujur awalnya saya biasa saja dengan korea-koreaan, tetapi karena sering melihat kakak saya menonton, mendengarkan musiknya hal itu yang bikin saya jadi ikut-ikutan menyukainya. Ketika ada suatu idol yang sedang comeback stage saya juga langsung menonton bersama dengan kakak saya. 

Waktu itu pertama kali boyband yang saya sukai yaitu BTS, ya walaupun sebenarnya sudah beberapa boyband yang saya ketahui, tapi ketika saya pertama kali melihat debutnya BTS saya langsung menyukainya seperti ada chemistry dihati saya karena gandre musiknya seperti hiphop dan RnB yang merupakan gendre musik kesukaan saya karena membuat saya bersemangat.

BTS merupakan merupakan singkatan dari Bangtan Sonyeondan atau sekarang disebut dengan Beyond the Scene, para penyuka BTS disebut dengan ARMY. Saya merupakan salah satu dari army tersebut, karena awal saya menyukainya itu saya lihat dari lagunya, lalu member dari BTS ini juga ganteng- ganteng yang membuat saya makin menyukainya. 

BTS beranggotakan 7 orang, dari 7 orang tersebut ada salah satu yang lebih saya sukai yaitu leader dari BTS RM.  Apapun hal-hal yang berbau BTS saya menyukainya dan membelinya, koleksi yang sudah saya punya dari BTS ini mulai dari albumnya, photo cardnya, lightsticknya dan perintilan-perintilan lainnya. 

Saya membeli barang-barang itu dengan menabung, pasti yang tidak menyukai kpop sering bilang buat apa sih membeli barang-barang itu kyak tidak ada gunanya. Tetapi bagi kami yang menyukai kpop hal itu merupakan kesenangan dan kepuasan dimana kita bisa memiliki barang dari karya mereka. Ada hal yang sampai sekarang saya belum melakukannya yaitu menonton konser BTS, saya sangat ingin sekali menonton  konsernya tetapi itu sangat membutuhkan biaya yang lumayan banyak hingga saya belum mampu menontonnya. Menonton konser merupakan salah satu impian saya mungkin para teman-teman kpopers juga ingin sekali menonton konser dan bertemu dengan idolnya, yaa semoga kita para kpopers bisa bertemu langsung dengan idolnya masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun