Tiga mahasiswi Universitas Mercu Buana (UMB) Fakultas Ilmu Komunikasi bidang studi Advertising & Marketing Communication telah menjalankan Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) dengan melakukan pendampingan pada UMKM Kebab Kibobs.
Hal itu menjadi salah satu bentuk dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni "Pengabdian Kepada Masyarakat". Kegiatan ini dilakukan secara langsung dengan UMKM milik masyarakat yang diharapkan dapat membantu UMKM untuk mengembangkan usaha di era kemajuan digital saat ini.
Kebab Kibobs merupakan salah satu UMKM yang berlokasi di Jl. Langsat I Â No.3b, RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan. Berada di lokasi strategis, membuat Kebab Kibobs menjadi usaha yang memiliki peluang yang cukup baik kedepannya. Â selain itu, Kebab Kibobs juga memiliki variasi produk yang beraneka ragam mulai dari pilihan daging seperti sapi, ayam, dan dori, serta ragam varian saus menarik yang sayang untuk dilewatkan.Â
Namun, karena penjualan yang masih bersifat word of mouth atau mulut ke mulut, membuat UMKM Kebab Kibobs memiliki kendala mengenai jangkauan customer, rata-rata customer yang membeli Kebab Kibobs berasal dari lingkungan sekitar outlet dan teman-teman pemilik usaha, sedangkan yang tinggal diluar wilayah outlet Kebab Kibobs belum banyak mengetahuinya.
Oleh karena itu, agar Kebab Kibobs dapat dikenal lebih luas, produk UMKM tersebut akan dipromosikan melalui akun Instagram yang sudah dimiliki Kebab Kibobs untuk menjangkau customer yang lebih luas. Dengan begitu produk Kebab Kibobs memiliki peluang untuk lebih dikenal dan menambah pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan.
Tim Fidenka Agency terdiri dari 3 Mahasiswa, yaitu Aditya Raffi Anandi sebagai Strategic Planner, Raden Muhammad Fadli Ilham Ichsani sebagai Media Planner, dan Muhammad Rakha Pratama Firman sebagai Creative Director. Serta di dampingi oleh dosen pembimbing kami, yaitu Ibu Gadis Octory, S. Ikom, M. Ikom dan Ibu Wulansari Budiastuti, ST, M.Si
Tim melakukan pendampingan secara langsung dengan pemilik UMKM Kebab Kibobs, yaitu Vicky Farhansyah.
Kebab Kibobs sudah memiliki akun instagram, tetapi belum banyak memiliki followers di akun Instagram tersebut. Pendampingan yang dilakukan adalah dengan membantu membuat strategi promosi online melalui media sosial Instagram sebagai media pemasaran dan promosi karena sebelumnya pemasaran dan penjualan produk UMKM Kebab Kibobs masih mengandalkan word of mouth (Mulut ke Mulut).
Agar UMKM Kebab Kibobs dapat dikenal lebih luas, tim melakukan kegiatan branding dan promosi melalui media sosial agar kemudian dapat membangun brand awareness dari UMKM Kebab Kibobs. Dengan Instagram yang sudah ada namun belum memiliki followers. Tim Fidenka Agency  memutuskan untuk memanfaatkan Instagram sebagai sarana membangun kesadaran merek dan memberikan pengetahuan kepada UMKM mengenai strategi kegiatan promosi dengan menggunakan media online yang efektif untuk mengembangkan usaha hingga produk dapat lebih dikenal oleh khalayak luas. Hingga saat ini, Kebab Kibobs sudah memiliki logo, packaging, dan tagline.
Tentunya, dengan adanya pendampingan ini, owner sendiri yaitu Vicky Farhansyah merasa terbantu dan harapan owner kedepannya dapat melanjutkan apa yang sudah dijalankan oleh Tim Fidenka Agency.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI