Mohon tunggu...
Rachmawati Nurtriyana
Rachmawati Nurtriyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa prodi sosiologi fakultas ilmu sosial u iversitas negeri jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjaga Kesehatan dan Produktivitas Lansia Melalui Program Posyandu Lansia

19 Mei 2022   08:14 Diperbarui: 19 Mei 2022   08:28 53 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

ABSTRAK

Dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan produktivitas lansia agar tetap stabil, RW 03 Kelurahan Pinang Ranti Kecamatan Makassar Jakarta Timur mengimplementasikan hal tersebut melalui Program Posyandu Lansia. Tujuannya agar kesehatan para lansia dapat terpantau serta dapat terus produktif melalui program program yang ada pada Posyandu Lansia. 

Penelitian yang kami lakukan berbasis wawancara dan observasi tepatnya berlokasi di Posyandu Lansia RW 03 Kelurahan Pinang Ranti Kecamatan Jakarta Timur. Umumnya penelitian ini dilakukan sebagai saran inovasi agar program posyandu lansia di wilayah terebut dapat menjadi program yang lebih baik sehingga hal tersebut berdampak pada terjaganya kestabilan kesehatan dan produktivitas para lansianya.

Hasil data yang didapatkan bersumber dari wawancara salah satu kader Posyandu Lansia, kami mendapati Program Lansia yang dilaksanakan di RW 03 Kelurahan Pinang Ranti Kecamatan Jakarta Timur dimanfaatkan serta berjalan dengan baik, para lansia yang datang ke posyandu lansia hampir keseluruhan di wilayah tersebut. Namun, sayangnya hal ini hanya terjadi pada saat awal posyandu didirikan. 

Pada bulan - bulan berikutnya terjadi penurunan pemanfaatan posyandu lansia, jumlah yang datang mulai menurun. Penyebab hal tersebut ialah karena adanya pandemi covid 19, sehingga membuat berkurangnya motivasi para lansia untuk berkunjung. 

Para lansia yang mendatangi Posyandu Lansia hanya mereka yang sedang merasa sakit saja, ketika merasa sehat para lansia jarang datang ke Posyandu Lansia.

Program Posyandu Lansia yang dilaksanakan merupakan sarana untuk memantau/mempertahankan kesehatan lansia, mencegah gangguan kesehatan yang terjadi, mengobati penyakit dan upaya rehabilitasi bagi lansia melalui program - program seperti pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan secara berkala, pengobatan ringan, latihan fisik/olahraga sederhana dan diberikan sosialisasi tentang kesehatan. Dengan memanfaatkan program yang ada pada posyandu lansia kondisi lansia menjadi terkontrol kesehatannya.


Kata Kunci : Posyandu Lansia, Kesehatan, Produktifitas

PENDAHULUAN

Seiring dengan angka populasi lanjut usia yang semakin hari semakin tinggi, pemerintah telah melakukan berbagai upaya kebijakan melalui pelayanan kesehatan lanjut usia yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kesehatan lanjut guna mewujudkan masa tua yang bahagia dan berguna dalam keluarga dan masyarakat sekitarnya. 

Implementasi  pelayanan sosial dan kesehatan pada lanjut usia dari pemerintah direalisasikan dengan mencanangkan pelayanan lanjut usia dengan melalui beberapa jenjang diantaranya Pelayanan di tingkat masyarakat yaitu Posyandu Lansia dan pelayanan kesehatan lansia tingkat dasar adalah puskesmas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan