Mohon tunggu...
Rachmah Dewi
Rachmah Dewi Mohon Tunggu... Penulis - DEW | Jakarta | Books Author | Certified Content Writer and Copywriter

Books Author | Certified Content Writer and Copywriter | Email: dhewieyess75@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Berbagai Memori Indah Terukir dalam Ingatan bersama KAI Commuter

30 Agustus 2023   14:45 Diperbarui: 30 Agustus 2023   14:50 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Commuter Line (Sumber: rm.id)

Hallo semuanya! Hari ini saya mencoba untuk ikutan Blog Competition dari Kompasiana bersama KAI Commuter. Saya merasa harus ikut karena saya salah satu pengguna KAI Commuter untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari pergi ke kantor, pulang dari kantor, berkunjung ke rumah saudara, atau hanya sekadar hangout bersama teman di akhir pekan.

Saya akan sedikit memberikan ulasan perjalanan tentang KAI Commuter mulai dari tahun 2008-2023:

  • 2008
    PT Kereta Commuter Line Jabodetabek (KCJ) resmi menjadi anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang peresmiannya dimulai pada 15 September 2008.
  • 2009
    PT KCJ melaksanakan program pertama sebagai bagian dari operasionalnya yaitu dengan melakukan pengadaan 8 unit kereta dengan seri 8500 Tokyu pada 23 Maret 2009.
  • 2010
    Pada tahun 2010 tepatnya tanggal 19 Agustus, KCJ menghadirkan kereta khusus wanita. Kereta khusus wanita hadir di gerbong pertama dan gerbong terakhir setiap kereta.
  • 2011
    Adanya implementasi untuk pola operasi Loop Line yang diselenggarakan pada 5 Desember 2011.
  • 2013
    Mulai 1 Juli 2023 diterapkannya sistem e-ticketing yang pada saat itu menggantikan tiket kertas menjadi dua tiket elektronik berupa Kartu Single Trip (KST) dan Kartu Multi Trip (KMT).
  • 2014
    Tepat pada 15 Januari 2014 dilakukan pengalihan untuk pengelolaan awak KA KRL dan pegawai DIP PUK KRL untuk menjadi karyawan PT KCJ.
  • 2015
    Mulai diadakan secara perdana pengoperasian Commuter Line dengan rangkaian Stamformasi (SF 12) pada 16 September 2015. Serta pada 1 April 2015 juga diadakan penerapan tarif progresif yang didasarkan pada Kilometer.
  • 2016
    Mulai diluncurkan aplikasi KRL Access yang berisi informasi terkait jadwal Commuter Line serta tarif perjalanan.
  • 2017
    Tepat di tanggal 8 Oktober 2017, diberlakukan pengoperasian Commuter Line dengan rute Jakarta Kota-Cikarang.
  • 2018
    Vending Machine Fare Adjustment perdana mulai dioperasikan pada 8 Januari 2018, penyelarasan kekurangan tarif untuk pengguna Tiket Harian Berjaminan juga diselaraskan dan pada Kartu Muli Trip (KMT) adanya penurunan saldo.
  • 2019
    PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk mengelola uang elektronik pada 14 November 2019.
  • 2020
    Tepat pada 1 Oktober 2020, adanya pengelolaan KA lokal di Wilayah DAOP 1 Jakarta (KA Lokal Merak) dan KA Lokal di Wilayah DAOP 6 Yogyakarta.
  • 2021
    Adanya peresmian yang dilakukan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo untuk KRL Yogyakarta-Solo di stasiun Yogyakarta pada 1 Maret 2021.
  • 2022
    KAI Commuter mulai April 2022 mengelola pelayanan perjalanan kereta api-kereta api lokal yang ada di wilayah 2 Bandung dan wilayah 8 Surabaya. Di tahun ini juga rute perjalanan Commuter Line rute Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo berubah pola transit penumpang di stasiun Manggarai. Hal ini bukan tanpa alasan, karena PT KCI tengah melakukan pengerjaan Switch Over ke-5 (SO5 di stasiun Manggarai)
  • 2023
    Pengelolaan operasional pelayanan perjalanan KA Bandara Soekarno Hatta dialihkan kepada KAI Commuter Line yang dimulai pada tanggal 1 Januari 2023.

Kali pertama saya mencoba bepergian dengan Commuter Line adalah di tahun 2013, saat itu saya baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja. Saya mempergunakan Commuter Line untuk menuju ke acara Job Fair bertajuk "BUMN Career Fair" yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung karno. Saya menaiki Commuter Line dari stasiun terdekat tempat tinggal saya yaitu stasiun Kranji karena saya tinggal di Bekasi.

Stasiun Kranji (Sumber: Dokumen Pribadi)
Stasiun Kranji (Sumber: Dokumen Pribadi)

Jujur ketika kali pertama naik Commuter Line Jabodetabek ini saya benar-benar excited karena akhirnya bisa bepergian dari Bekasi ke Jakarta dengan waktu yang sangat singkat. Waktu itu acara BUMN Career Fair yang saya ikuti mulai jam 10, saya dari rumah jam 7 dan sampai di lokasi jam setengah 10 (seingat saya). Tentunya dengan naik Commuter Line lebih hemat waktu serta biaya perjalanannya pun sangat murah.

Saya ingat betul, kala itu saya memakai Kartu Single Trip (KST) yang masih bewarna putih, namun saat ini kartu bewarna putih sudah diganti semua menjadi Tiket Harian Berjaminan (THB) dengan warna yang full color. Tiket KRL ternyata mempunyai perubahan dari masa ke masa, pada tahun 2000 tiket KRL terbuat dari kertas berukuran 3x5 yang memuat nama tujuan stasiun, harga kereta, dan jenis kereta. Pada tahun 2018, tiket KRL berubah lagi menjadi kertas karena saat itu adanya proses pembaruan yang menyebabkan Kartu Multi Trip atau kartu elektronik tidak bisa dipergunakan. Saat itu harga tiket sebesar Rp3.000.

Kartu Single Trip berwarna putih (sumber: kumparan.com)
Kartu Single Trip berwarna putih (sumber: kumparan.com)

Tiket kereta api berupa kertas tahun 2000 (Sumber: kumparan.com)
Tiket kereta api berupa kertas tahun 2000 (Sumber: kumparan.com)

Tiket Kertas KRL 2018 (Sumber: republika.co.id)
Tiket Kertas KRL 2018 (Sumber: republika.co.id)

Saya mulai menggunakan moda transportasi Commuter Line untuk menemani saya beraktivitas pergi ke kantor. Di tahun 2015 saya berkantor di daerah Kebon Sirih, saya berangkat dari stasiun Kranji dan turun di stasiun Gondangdia. Sungguh menggunakan moda transportasi ini membuat saya lebih efisien dalam hal waktu, kemudian saya juga lebih menghemat ongkos sehingga ketika gajian bisa nabung lebih banyak karena selalu irit ongkos berkat naik Commuter Line.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun