Mohon tunggu...
rabikhatus tsania
rabikhatus tsania Mohon Tunggu... tsania

halo

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Toleransi Umat Konghucu di Klenteng Eng An Kiong

27 Maret 2020   00:01 Diperbarui: 27 Maret 2020   00:00 28 0 0 Mohon Tunggu...

Toleransi adalah sikap menghargai dan saling menghormati sesama dalam perbedaan secara agama, bahasa, maupun budaya. Indonesia sebagai negara hukum dengan pluralisme agama wajib memberikan jaminan hak atas kebebasan beragama dan beribadah bahwa jaminan atas hak kebebasan beragama dan beribadah diatur dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Batang tubuh UUD 1945.

Menurut bapak Anton sebagai narasumber toleransi sangatlah penting artinya apalagi di negara Indonesia yang memiliki jutaan warga negara dengan beragam adat dan budaya, suku, ras, dan juga kepercayaan yang hampir semua kepercayaan atau agama telah berkembang di Indonesia seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khonghucu.

Lalu pentingnya toleransi menurut beliau adalah dengan toleransi kita bisa menjaga kelestarian budaya Indonesia yang  dampaknya akan sangat berpengaruh pada negara Indonesia seperti yang tercantum dalam undang-undang dasar pasal 32 ayat 1 yang berbunyi bahwa negara memajukan kebudayaan Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya. 

Maksud dari pasal ini adalah kita selaku bangsa Indonesia harus turut serta dalam melestarikan budaya karena negara juga menjamin kebebasan kita untuk memelihara budaya kita. 

Apabila tidak ada toleransi di Indonesia ini, maka tidak menutup kemungkinan semuanya akan kacau balau termasuk adanya permusuhan antar umat beragama yang pada akhirnya akan meruntuhkan semboyan bhinneka tunggal ika.

Dari observasi ini saya merasa toleransi antar umat beragama yang ada di Indonesia sangatlah besar dan kita sebagai umat yang beragama harus slalu menerapkan sikap toleransi terhadap siapapun tanpa memandang suka agama ras dan budaya. Bersifat toleransi pada orang lain bisa menghilangkan pikiran buruk atau ragu pandangan orang lain terhadap kita.

Semoga ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

VIDEO PILIHAN