Mohon tunggu...
Rabiatul Adawiah
Rabiatul Adawiah Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Nakes di pkm

belajar belajar dan terus belajar... - Purna Nusantara Sehat Team Based Kemenkes RI 2015, Puskesmas Balai Karangan, Kab. Sanggau, Kalbar - Penugasan Khusus Individu Kemenkes RI 2017, Puskesmas Biduk-Biduk, Kab. Berau, Kaltim

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Nikmatnya Pulang Kampung bagi Perantau

21 November 2018   08:41 Diperbarui: 21 November 2018   09:08 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
perjalanan pulang ke rumah...:)

Keluarga. Tepat satu tahu dua bulan aku meninggalkan rumah karena tuntutan pekerjaan. Aku yang selama ini tidak pernah hidup terpisah dari orang tua kini harus merasakan suka duka hidup sendiri. Waktu terus berlalu, musim terus berganti hingga tiba waktunya aku mengambil cuti di tempat aku bekerja. 

Inilah saat yang aku tunggu sejak aku pergi meninggalkan rumah. Aku rindu dengan suasana rumah yang begitu hangat, hangat karena ayah dan ibu yang selalu disisiku, hangat karena aku selalu ditemani dengan saudara perempuanku, Hangat karena penuh canda dan tawa, suka duka dari penghuni rumah. 

Tanggal 29 Juni aku sudah memilih tanggal kepulanganku dirumah. Karena aku ingin membuat suprise dengan orang rumah, aku memberitahukan perihal kepulanganku tanggal 30 juni. Jadi lebih cepat sehari dari waktu yang aku sampaikan kepada orang rumah. 

Aku terus melihat jam, menunggu hari berganti dengan perasaan gembira. Aku tak tahu kenapa demikian. Apakah mungkin karena ini adalah kali pertama aku pulang kampung setelah merantau selama satu tahun dua bulan lamanya.

Seminggu sebelum kepulangan aku mulai packing barang-barang yang akan segera kubawa di kampung. Oleh-olehpun sudah kusiapkan sejak bulan lalu.  Tepat tanggal 29, aku bersiap-siap untuk segera memulai perjalananku ke kendari. 

Pukul 09:00 WIB aku berangkat menuju Pontianak dengan menggunakan taksi (*). Perjalanan kutempuh sekitar 5 jam dari tempatku bertugas. Saat itu aku sedang tidak berpuasa karena kedatangan tamu sejak 3 hari yang lalu.  Jadi kupersiapkan botol air minum untuk bekalku selama diperjalanan.  

Hari itu aku sama sekali tidak menghubungi orang rumah. Hanya ayah ku yang selalu menanyakan jadwal ketibaan ku di kendari. Perjalanan panjang kutempuh dari balai karangan ke pontianak.

Besok paginya pukul 06:00 WIB aku tiba di Bandara Supadio. Aku segera check in dan menunggu di ruang tunggu. Perjalanan kali ini cukup melelahkan. Karena rute yang tertera di jadwal harusnya jakarta- Kendari. Pada kenyataannya aku harus transit lagi di kota Makassar.

Sambil menggendong segala tas yang berisikan buah tangan aku segera turun dari pesawat untuk melapor (lagi) di terminal keberangkatan. Untungnya aku tak menunggu lama karena jadwal keberangkatan pesawat yang on schedule. Alhamdulillah wa syukurillah... akhirnya perjalananku semakin dekat menuju Rumah.

Finally.......

Tepat pukul 15:30 WITA aku tiba di Kendari. Tak ada satupun keluarga yang menjemputku karena aku merahasiakan kedatanganku yang sebenarnya. Hanya ada dua orang sahabat SMA ku yang setia menunggu di bandara hingga aku tiba. Senang rasanya bisa bertemu mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun