Mohon tunggu...
R Mochtar
R Mochtar Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Mengenal Kaca Tempered

25 April 2019   23:41 Diperbarui: 25 April 2019   23:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kaca tempered adalah kaca yang dikeraskan dengan memanaskan kaca biasa hingga mencapai suhu sekitar 700 * C, kemudian setelah kaca dipanaskan, proses selanjutnya adalah mendinginkan secara mendadak, dengan menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Nah, dari proses ini ada perubahan fisik pada kaca yang merupakan perubahan pada gaya tekan dan gaya tarik pada kaca, tetapi secara visual tidak ada perubahan.

Jadi, untuk tujuan apa gelas ini bisa digunakan? Jenis kaca tempered ini biasanya sering ditemukan / bisa kita gunakan pada pintu (door-free door), dinding kaca pada bangunan, dinding batas kaca, tangga, eskalator, elevator. Sedangkan untuk furnitur, biasanya digunakan di atas meja, lemari kaca, dan lainnya.

Selain itu, ada beberapa hal menarik tentang kaca tempered, informasi berikut:

Kaca tempered memang sangat kuat, tetapi itu tidak berarti tidak bisa pecah. Jenis kaca ini tahan terhadap benturan 5x lebih kuat dari kaca biasa, berbeda ceritanya jika kaca tersebut tergores. Jenis kaca ini akan pecah dengan goresan yang dalam, meskipun tidak secara langsung. Kaca yang tergores akan pecah seiring waktu.
Lihat apakah ada retakan pada kaca tempered Anda. Retakan kecil di kaca akan menyebar ke seluruh kaca perlahan tapi pasti sampai akhirnya pecah.
Jenis kaca ini memiliki keseimbangan yang baik, dari kekuatan tekan hingga daya tariknya. Karena itu cobalah untuk tidak mengubah bentuk gelas dengan memotong dan sejenisnya setelah kaca melalui proses penempaan. Tentukan dimensi dan spesifikasi yang diperlukan sejak awal.
Untuk pemeliharaan, itu tidak memerlukan proses yang rumit. Alih-alih membersihkan kaca jendela di rumah, Anda cukup menggunakan sabun pembersih kaca dan kain kering.

Keuntungan dan kerugian Kaca Tempered

Seperti yang kita ketahui, kaca adalah bahan yang bening, transparan atau tembus cahaya dan bisa melihat benda-benda di baliknya. Kaca dapat memperindah objek dan bangunan karena pantulan cahaya dan cahaya dari pantulan cahaya. Tetapi karena gelasnya rapuh dan mudah pecah, akhirnya tercipta kaca yang memiliki kekuatan lebih dan tidak berbahaya, yaitu Kaca Tempered (Kaca Tempered)
Kaca Tempered memiliki kekuatan lebih kuat 4-5 kali lipat dari kaca biasa. Kaca tempered dapat digunakan untuk dinding tangga atau bangunan.
Keuntungan lain dari kaca tempered dibandingkan dengan kaca biasa adalah bahwa ketika pecah akan membentuk butiran kecil tetapi aman untuk digunakan.
Membuat kaca tempered menggunakan prinsip saat gelas dinaikkan ke suhu tinggi, lalu diturunkan dengan cepat berulang-ulang untuk membentuk butiran kecil saat pecah.

Kaca tempered tidak hanya digunakan untuk bangunan tetapi juga sering digunakan untuk kaca depan, tangga, dinding kaca, pintu kaca, kanopi, pagar, partisi, skylight dan bahkan diterapkan pada lemari es dan gadget.


Perbedaan antara Kaca Tempered dan Kaca Biasa
Ada label TEMPERED di sebelah sudut bersama dengan nama pabrikan dan sulit untuk dihapus.
Kaca tempered akan menunjukkan garis hitam pudar di permukaannya ketika terkena sinar matahari.
Dilihat dari sudut pandang 45, warna pelangi terlihat
Cahaya yang mengarah ke kaca temper akan berubah sedikit
Jika pecah, itu akan menjadi butiran kaca dan tidak begitu tajam.
Kekuatan gelas 4-5 kali lebih kuat dan lebih kuat dari gelas biasa.

Apa kekurangan kaca tempered?
Meski memiliki banyak keunggulan, kaca tempered juga memiliki banyak kelemahan. diantaranya adalah:
1. Kaca tempered tidak dapat dipotong, sehingga ukurannya tetap dan tidak dapat diubah. Jika Anda mencoba memotongnya, itu akan menghancurkan seluruh gelas
2. Kaca temper jika ada retakan kecil dapat menyebar ke seluruh bagian kaca yang mengakibatkan kaca dan kaca tersebut pada akhirnya akan hancur.
3. Kaca tempered tidak dapat dibor atau dilubangi. Proses membuat lubang kunci atau pegangan dilakukan sebelum proses penempaan, jadi jika Anda berencana untuk membuat pintu dari kaca tempered maka lakukan latihan bor, coak, dan proses lainnya sebelum kaca dipasang.
4. Proses temper kaca tempered memakan waktu antara 4 - 7 hari kerja, oleh karena itu bekerja menggunakan kaca tempered membutuhkan waktu lebih lama
5. Risiko kegagalan ketika proses tempering banyak terjadi. Biasanya pecahan kaca atau kaca temper menghasilkan kaca bergelombang yang parah. Ketika kegagalan terjadi, tidak ada kompensasi atau jaminan dari produsen penyedia layanan marah.
Itu sebabnya menerapkan kaca tempered memiliki risiko lebih besar daripada kaca biasa dan biasanya pemasok atau aplikator kaca tempered menetapkan harga tinggi untuk pekerjaan kaca tempered.

sumber

KONTEN MENARIK LAINNYA
x