Mohon tunggu...
Qur Rohman
Qur Rohman Mohon Tunggu... Ciptakan rasa senang, pastikan anda bisa

Bismillah namsyi ala barakatillah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Semakin Keren Nama Penyakitnya, Semakin Banyak Korbannya

13 Februari 2020   10:00 Diperbarui: 13 Februari 2020   10:07 96 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semakin Keren Nama Penyakitnya, Semakin Banyak Korbannya
Ilustrasi: suara.com

Penyakit memang datangnya tak dapat diduga-duga. Manusia hanya bisa pasrah apabila sebuah penyakit datang melanda.

Ada sebab, ada penyebab. Mungkin kata itu lebih cocok untuk menggambarkan tragedi penyakit baru-baru ini yang banyak menelan korban.

Sejauh ini, nama-nama penyakit yang terbilang keren lebih berbahaya dibandingkan penyakit jadul yang telah ratusan tahun menggrogoti manusia, bahkan hamper perbulan penyakit itu datang tanpa undangan. Sebut saja pilek, diare, bisulan dan lainnya.

Mungkin berikut ini dapat menggambarkan beberapa penyakit yang namanya keren tapi banyak menelan korban.

1. Covid-19

Covid-19 adalah nama lain dari virus corona. Dilansir dari kompas.com, nama covid-19 berasal dari "co'' yang berarti corona, "vi" adalah virus, "d" artinya disease(penyakit), dan nomor "19" menandakan angka 2019 awal mula virus ini muncul , kata Tedros Adhenom, Direktur Jenderal WHO.

Diberitakan tribun.com, virus ini telah mengakibatkan 1013 korban meninggal, 42729 terinfeksi dan 28 negara terdampak virus ini.

2. SARS

Dilansir dari liputan6.com, SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome merupakan penyakit akut yang menyerang pernapasan. Pertama kali ditemukan di Cina tahun 2002. Tahun 2003 penyakit ini berhasil diidentifikasi hingga akhirnya menyebar ke Benua Amerika, Asia dan Eropa. Ada sekitar 770 orang yang dilaporkan tewas akibat penyakit ini.

3. Ebola

Ebola merupakan penyakit yang pertama kali di temukan di Afrika pada tahun 1976. Penyakit ini disebabkan oleh virus Ebola yang awalnya ditemukan pada hewan, yakni monyet, simpanse dan primate lainnya. Virus ini menyebar salah satunya melalui kontak darah langsung, atau cairan penderita seperti urine, air liur dan air mani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x