Mohon tunggu...
qory anisa
qory anisa Mohon Tunggu... Perempuan

Janji Allah tidak akan mengecewakan

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Seruit Makanan Khas Lampung yang Mantabb...

17 Juni 2020   21:17 Diperbarui: 17 Juni 2020   21:16 27 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seruit Makanan Khas Lampung yang Mantabb...
idntimes.com

Seruit, kuliner khas Lampung yang satu ini kurang populer dan jarang terdengar. Namun bagi masyarakat Lampung, Seruit termasuk kuliner yang cukup populer. Bahan baku utama dalam pembuatan Seruit adalah ikan, jenis ikannya tidak ditentukan. 

Tergantung selera masing-masing saja.Namun biasanya masyarakat Lampung memakai ikan sungai, seperti ikan Baung, Layis, belide, dan lain-lain. Dan disajikan dengan lalapan. Sekilas tidak ada yang istimewa dari kuliner khas Lampung yang satu ini.

 Tapi hingga saat ini seruit masih dijadikan menu utama yang disajikan saat berkumpul, khususnya bagi suku Lampung Pepadun. Sejak zaman dulu, masyarakat Lampung suka sekali berkumpul dengan keluarga, saudara, kerabat dan tetangga. Entah itu di acara adat, acara keagamaan, ataupun pernikahan. Dan disaat berkumpul itu, mereka biasanya menyantap makanan secara bersama-sama.


Tradisi ini disebut dengan Nyeruit, dan makanan yang disantapnya adalah Seruit. Walaupun zaman sudah modern, namun kegiatan berkumpul ini masih dilakukan secara turun temurun hingga saat ini. Dan merupakan sarana untuk menjaga tali silaturahmi. Kuliner khas Lampung ini memiliki bahan dasar ikan, dan biasanya ikan yang disajikan dalam Seruit diolah dengan cara digoreng atau dibakar. 

Selanjutnya ikan akan disantap dengan sambal terasi dan sambal tempoyak (olahan durian) atau sambal mangga.Masyarakat Lampung juga sering menambahkan lalapan dan petai, sebagai pelengkap hidangan Seruit. Perpaduan rasa dari sambal terasi dan sambal tempoyak atau sambal mangga, memberikan cita rasa pedas, asam, dan manis yang menambah kenikmatan saat menyantap Seruit. 

Makanan ini kelihatan memang sangat sederhana kelihatannya, dan proses pembuatannya pun tidaklah rumit. Sebelum digoreng, ikan akan dilumuri dulu dengan bawang putih, garam, ketumbar, kunyit, dan jahe yang sudah dihaluskan. 

Setelah bumbu meresap, barulah ikan tersebut digoreng. Kalau ikannya dibakar, saat sudah setengah matang ikan akan dioles dengan kecap dan campuran bumbu yang dihaluskan tadi. kemudian dibakar lagi hingga matang. 

Kemudian ikan yang sudah dibakar ataupun digoreng, akan disajikan bersama dengan sepiring nasi hangat, dan aneka jenis lalapan yang diaduk jadi satu dengan sambal.Untuk menambah kenikmatan hidangan Seruit, masyarakat Lampung menyantap Seruit dengan sambal. 

Sehingga makanan ini bercita rasa pedas. Sambal yang dipakai biasanya sambal terasi dan sambal tempoyak. Untuk membuat sambal terasi dibutuhkan cabai, garam, penyedap rasa, rampai dan terasi bakar.

Sedangkan untuk membuat sambal tempoyak dibutuhkan daging durian yang sudah matang, pisahkan dengan bijinya dan beri sedikit garam. Lalu tambahkan cabe rawit dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat selama beberapa hari. Selain sambal di atas, ada juga masyarakat Lampung yang menyantap Seruit dengan sambal mangga. Dengan hidangan khas ini biasa nya banyak orang untuk mencoba kunikan dan ke khas-an hidangan ini.


Nah kalau kebetulan kamu berwisata kuliner ke Lampung, jangan lupa ya untuk mencicipi kenikmatan Seruit bersama dengan keluarga atau teman-temanmu. Kapan lagi mencicipi kuliner khas Lampung ini langsung di tempat asalnya? Tapi awas ketagihan ya!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x