Mohon tunggu...
Wisata

Berkunjung ke Objek Wisata Pantai Balekambang, Malang

20 Desember 2015   20:10 Diperbarui: 12 Januari 2016   19:16 186 1 0 Mohon Tunggu...

Berkunjung ke Objek Wisata Pantai Balekambang Kota Malang di Jawa Timur yang memiliki kesamaan dengan Tanah Lot Bali. Seperti, keberadaan Pura di atas sebuah pulau karang, agama Hindu yang sama juga terdapat di Tanah Lot Bali,  juga pantai dan suasana ketika sunset tiba. selain terkenal dengan objek wisata di kawasan Batu, kota Surga Apel ini juga memiliki Pantai Balekambang yang tidak kalah menariknya dan patut dikunjungi wisatawan.

Mengunjungi Pantai Balekambang, Anda akan menemui panorama indah seperti pantai pasir putih mempesona, landai, dan dihiasi karang laut sepanjang dua kilometer dengan air jernih dan ikan yang berenang di antara kaki Anda, serta Pulau Ismoyo dengan pura dan jembatannya di sebelah barat. Setiap tahunnya pura Hindu yang  indah dan seperti Pulau Bali ini menjadi lokasi pelaksanaan upacara ritual dan upacara tahun baru Jawa. Ada berbagai hal menarik yang dapat Anda lakukan.

Sebut saja, berkemah di kawasan camping ground di tepi pantai, wisata kuliner dan suvenir, serta memancing sambil menikmati pemandangan matahari terbenam adalah sesuatu yang sederhana, namun sungguh sangat menakjubkan. Pantai Balekambang memang menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur yang difavoritkan di Malang setelah Pulau Sempu dan Gunung Bromo di Probolinggo Jawa Timur. Banyaknya wisata pantai khususnya di daerah selatan pulau Jawa menjadikan keunikan tersendiri bagi objek wisata.

           

 Dengan pantai yang membentang sepanjang 2 kilometer dengan lebar 200 meter daerah ini dipenuhi dengan berbagai macam karang laut dan terkadang ketika air surut anda bisa melihat berbagai macam ikan hias dan bio laut yang berkerumun. Deburan ombak pantai yang tidak terlalu besar membuat hati anda akan semakin rilek dan menikmati alam dengan nyaman.

Dari lepas pantai anda bisa melihat 3 buah pulau berjajar ke arah barat yang begitu menawan yang masing-masing mempunyai nama yaitu pulau "Ismoyo", pulau "Anoman" dan pulau "Wisanggeni". Pulau Ismoyo dihubungkan dengan jembatan sepanjang 100 meter dari bibir pantai dan di atasnya terdapat sebuah pura yang diberi nama "Amerta Jati". Pura ini tidak seperti halnya pura di Bali, karena dipengaruhi oleh candi-candi jaman Majapahit yang banyak terdapat di Malang.

Ada yang menarik di balik kisah pura "Amerta Jati". Pura Amerta Jati atau Pura Ismoyo dibangun tahun 1985 atas prakarsa Bupati Malang Edi Slamet. Didesain mengikuti Pura Tanah Lot yang terkenal di Bali, pura ini juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan sering digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan keagamaan. Saat hari-hari besar umat Hindu, pura ini akan terasa sangat ramai. Warga setempat yang masih memegang tradisi biasa menggelar upacara "Suroan" dan upacara "Jalanidha Puja". Jika sempat, Anda bisa berkunjung ke pantai ini di saat bulan Suro. Biasanya pada bulan ini Pantai Balekambang ramai didatangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Fasilitas pantai Balekambang Malang

Fasilitas di pantai Balekambang Malang sudah bisa dibilang cukup memadai bagi para wisatawan yang berkunjung. Mulai dari warung dan kios-kios yang menyediakan makanan dan minuman sampai permainan anak-anak. Bahkan ada juga wahana "fliying fox", namun wahana ini hanya tersedia pada hari Sabtu dan Minggu saja. Anda bisa berbelanja di kios-kios cendera mata di sekitar pantai Balekambang Malang ini dengan harga yang relatif. Bagi anda yang beragama islam di sana juga menyediakan musholla. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang ada di pantai Balekambang Jember ini.

Harga tiket pantai Balekambang Malang

Untuk itu setiap pengunjung dikenakan tarif atau harga tiket sebesar RP15.000 per orang. Bagi mereka yang ingin menginap di pantai Balekambang juga menyediakan penginapan / hotel dengan harga berkisar RP 100.000 sampai RP 500.000 per malam tergantung fasilitas dan layanan yang diinginkan.

 

Saya mengunjungi Pantai Balekambang bersama teman-teman, di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, pada hari Minggu (26/10/2014) dan pada saat itu kami semua kebetulan menyaksikan langsung sesaji dalam rangka peringatan 1 Suro di Pendopo Balekambang.

VIDEO PILIHAN