Mohon tunggu...
Putri RD
Putri RD Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hallo

Masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Insecure? Ciri-Ciri Orang Insecure dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

27 September 2021   22:42 Diperbarui: 27 September 2021   23:17 445 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama : Putri Ragil Dwiyanti

NIM : 202110230311561


Banyak para wanita mengalami rasa insecure, dan rasa insecure ini kurang lebih seperti perasaan kurang percaya diri . Oleh karena itu, para wanita yang bersaing untuk merawat wajah mereka, yang menyebabkan banyak orang yang menawarkan produk kecantikan untuk alasan ini. Insecure bermula dari tren kecantikan yang disebut "glow up", karena kebanyakan influencer, selebriti, dan lainnya memamerkan kecantikan yang mulus, bebas jerawat,bersih, dan terjaga kecantikannya. Lalu, para wanita mulai iri dengan wajah mereka yang glow up tersebut  dan mulai mencari tahu  produk yang digunakan, hingga semakin banyak wanita yang memerkan  wajah cantiknya dan sebagian wanita yang memiliki beberapa permasalahan kulit mulai tidak percaya diri atau Insecure. 

  

Sebelumnya apakah teman-teman tau apa itu insecure?

Menurut Abraham Maslow, insecure adalah suatu keadaan dimana seseorang yang merasa tidak aman, menganggap dunia sebagai sebuah hutan yang mengancam dan kebanyakan manusia berbahaya dan individualis.

Insecure bisa dialami seseorang yang sebelumnya merupakan korban bullying. Bullying adalah perbuatan tidak baik yang dilakukan oleh seseorang atau lebih kepada orang lainnya. Kebanyakan orang yang mengalami insecure mereka merasa tidak percaya diri, pesimis dalam melakukan berbagai hal, merasa bersalah ketika orang-orang tidak seperti yang mereka pikirkan, tidak merasa bahagia dan merasa bahwa seluruh isi dunia tidak pernah berpihak kepadanya.banyak dari mereka yang telah mencoba berbagai cara agar mereka merasa secure (aman) meskipun mereka masih dalam perasaan tidak aman. 


Orang yang sering mengalami insecure biasaya mereka sering membuka aplikasi media sosial contohnya seperti  Instagram, Whatsapp, dan mereka terpengaruh oleh hal-hal kecantikan. Seperti di Indonesia, sudah lama kecantikan itu dilihat kecantikan dari warna kulit, terutama kulit putih mulus. Selebriti dan influencer memamerkan kecantikan mereka di media sosial mereka, sehingga kebanyakan orang menggunakan istilah 'insecure' untuk diri mereka sendiri. Banyak para remaja mempertanyakan produk yang bisa membantu mereka untuk memiliki kulit yang terawat,cerah dan berseri. Banyak orang merekomendasikan produk kecantikan yang mereka gunakan.

unnamed-6151ee7b01019077ec55da12.png
unnamed-6151ee7b01019077ec55da12.png

Untuk mengurangi rasa insecure kita sebenarnya sangat sulit karena melibatkan perasaan dan jiwa. Dan masing-masing orang mempunyai perasaan yang berbeda.  Kita seharusnya bisa berupaya untuk lebih mensyukuri apa yang Tuhan berikan kepada kita, melihat banyak karunia yang telah diberikan-Nya, dan kita harus bisa belajar untuk tidak peduli dengan apa yang diucapkan orang lain dan mensyukuri hal-hal baik yang di diri kita.

Menurut Brokes dalam penelitiannya menjelaskan hubungan insecure dengan narsisme, karakteristiknya sebagai berikut : 

Orang yang merasa insecure akan menarik orang lain ke dalam ke insecurity nya

  • Orang orang yang memamerkan apa yang ia miliki bisa jadi orang tersebut sedang mengalami insecure dan sedang meyakinkan diri mereka bahwa mereka itu orang hebat.

  • Orang insecure akan bersandiwara bahwa mereka rendah hati, untuk melihatkan apa yang ia miliki.

  • Orang insecure akan memakai standar mereka dalam berbagai hal. Mereka yakin bahwa standar mereka tinggi dan harus mendapat pengakuan dari orang lain.

Cara mengatasi insecure.

  • Menerima keadaan yang telah dimiliki

  • Pandanglah dirimu, dan katakan bahwa kamu itu istimewa

  • Mendekatlah ke orang-orang yang bisa menerima mu

  • Cari circle pertemanan yang bisa membuatmu lebih nyaman

  • Hindari ke acara yang bisa membuatmu tidak percaya diri

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan