Semarang -- Kemajuan teknologi informasi telah mendorong berbagai inovasi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif, mudah diakses, dan relevan dengan karakter peserta didik generasi digital. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah pemanfaatan multimedia interaktif berbasis Google Sites dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang mengusung materi "Gaya". Media ini dikembangkan melalui kolaborasi antara mahasiswa Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang dan SD Negeri Wonosari 01, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.
Inovasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat sebagai bentuk nyata dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pada aspek pengabdian akademisi kepada masyarakat. Proyek ini dirancang oleh Putri Patrechya Saragih, mahasiswa PGSD UNNES, di bawah bimbingan dosen pengampu Aldina Eka Andriani, S.Pd., M.Pd., serta dosen pembimbing lapangan Drs. Isa Ansori, M.Pd. Proyek ini juga didukung penuh oleh Plt. Kepala SD Negeri Wonosari 01, Umi Barorah, S.Pd., serta wali kelas IV B, Tutik Ermawati, S.Pd., yang turut serta dalam pengembangan dan implementasi media pembelajaran ini di kelas.
Transformasi Digital sebagai Jawaban atas Tantangan Pembelajaran
Inisiatif ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memperkaya metode pembelajaran IPAS yang selama ini masih cenderung bersifat konvensional, serta menjawab tantangan implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran berbasis projek dan eksplorasi siswa. Materi gaya dalam IPAS kelas IV sering kali dianggap abstrak dan sulit dipahami oleh siswa tanpa bantuan visual atau praktik langsung. Oleh karena itu, media interaktif berbasis digital dipilih sebagai solusi pedagogis yang mampu menggabungkan unsur visual, audio, teks, serta interaktivitas dalam satu platform terpadu.
Google Sites dipilih karena memiliki keunggulan sebagai platform gratis, mudah digunakan, dan dapat diakses dari berbagai perangkat. Di dalam situs yang dikembangkan, terdapat materi pembelajaran gaya secara visual, LKPD (lembar kerja peserta didik) yang dapat diunduh dan diisi langsung, serta permainan edukatif berbasis Wordwall seperti kuis pilihan ganda, mencocokkan gambar, dan teka-teki silang interaktif. Semua konten ini dirancang dengan memperhatikan pendekatan saintifik serta kebutuhan belajar yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar.
Proses implementasi dimulai dengan sosialisasi media kepada guru kelas, disusul dengan uji coba terbimbing bersama peserta didik kelas IV B. Selama proses pelaksanaan, guru didampingi untuk memahami cara mengakses, memandu, dan mengevaluasi pembelajaran berbasis Google Sites. Tidak hanya memfasilitasi siswa dalam memahami materi, proyek ini juga berperan dalam meningkatkan literasi digital guru, sejalan dengan tujuan utama yaitu meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui integrasi teknologi dalam pembelajaran.
Kegiatan pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites Materi Gaya Pada Pembelajaran IPAS Kelas IVB di SD Negeri Wonosari 01 Kota Semarang dilakukan secara bertahap. Terdapat tiga tahap, yaitu tahap sosialisasi pelatihan, kegiatan pelaksanaan, dan testimoni oleh guru dan peserta didik. Tahap pertama yaitu kegiatan sosialisasi pelatihan, kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis tanggal 17 April 2025 pukul 09.00 WIB. Pelatihan penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites ini ditujukan kepada Guru kelas IV, Tutik Ermawati, S.Pd.,  Pada kegiatan ini, saya dan Ibu Tuti melakukan diskusi terkait penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites Materi Gaya Pada Pembelajaran IPAS Kelas IVB ini, serta berdiskusi terkait rencana pelaksanaan implementasi  Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites. Ibu Tuti menghimbau untuk melaksanakan implementasi pada hari Kamis tanggal 24 April 2025 sesuai dengan jadwal Mata pelajaran yang terkait.
Tahap kedua yaitu kegiatan pelaksanaan, tahap ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 24 April 2025 pukul 09.00 WIB. Pelaksanaan ini berjalan dengan lancar yang mana dilakukan dalam 1JP, sekitar 35 menit. Selama pelaksanaan tidak hanya memaparkan mengenai materi, namun juga terdapat kuis interaktif di dalam nya.