Mohon tunggu...
Putri Natasya Ramadina
Putri Natasya Ramadina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Teknik Sipil UPI 2018

KKN Tematik UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI: Tingkatkan Peran Masyarakat dalam Kegiatan Kerja Sama Ekonomi Rukun Warga

31 Juli 2021   03:20 Diperbarui: 31 Juli 2021   03:32 139 1 0 Mohon Tunggu...

Bekasi - Pandemi Covid-19 yang semakin meningkat dan sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini menyebabkan beberapa pemerintah daerah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial yang pada awal Juni 2021 disebut dengan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). 

Adanya Pembatasan Sosial tersebut berimplikasi terhadap pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi, aktivitas pendidikan, dan aktivitas sosial lainnya. Maka dari itu Media Digital sangat penting digunakkan dalam situasi sekarang ini. Selain sebagai tempat bertukar informasi, media digital juga berguna untuk pengembangan perekonomian masyarakat.

Dalam rangka kegiatan KKN Tematik yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia secara daring dengan tema "Membangun Desa di Bidang Pendidikan dan Ekonomi", salah satu Mahasiswi peserta KKN memilih melakukan pendampingan kepada masyarakat RW 019, Kelurahan Harapan Jaya untuk Meningkatkan Peran Masyarakat Setempat Dalam Mendukung Kegiatan Kerjasama Ekonomi Rukun Warga dan Menerapkan Media Digital Yang Tersedia Untuk Bertukar Informasi Serta Melakukan Pengembangan Kegiatan Yang Ada Sehingga Dapat Bernilai Ekonomi.

Kegiatan Pendampingan pertama yang dilakukan berupa pendamingan kepada UMKM dalam meningkatkan pemasaran produk penjualan dengan membantu me-list barang belanjaan kemudian membantu membuat dan mengelola akun sosial media serta membantu pembuatan video dan poster periklanan untuk pemasaran produknya.

dokpri
dokpri
 Kegiatan Pendampingan kedua yang dilakukan berupa pembuatan video dan poster informasi mengenai kerja sama ekonomi yang ada pada program RW 019 menggunakkan Video Animaker dan Adobe Illustrator dalam rangka Peningkatan Peran Masyarakat dalam mendukung Kegiatan Kerjasama Ekonomi Rukun Warga sehingga dapat bernilai ekonomi (24 Juli 2021). Informasi Kegiatan Kerjasama Ekonomi Rukun Warga tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat RW019 melalui Whatssapp Group.

Seperti yang diketahui RW 019, Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara memiliki 13 Program Kegiatan dalam 1 tahun kedepan dan beberapa Kegiatan Kerjasama Ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan secara tidak langsung memiliki ekonomi, adalah Kegiatan Bank Sampah yang dikenal dengan nama Bank Sampah Baitul Harapan (BSBH) dan Pemberdayaan UMKM Warga.

Kegiatan Bank Sampah Baitul Harapan (BSBH) beberapa bulan belakangan ini terhenti karna kondisi Pandemi Covid-19 dan PPKM seperti saat ini, sehingga BSBH sedang mencoba untuk melakukan Kerjasama dengan Pegadaian. "kami sedang mengusahakan kerja sama antar Bank Sampah Baitul Harapan dengan Pegadaian, masyarakat dapat menukarkan sampah anorganik dengan tabungan emas " -- Ketua RW 019, Bapak Aji, S.Sos

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Kegiatan Pendampingan ketiga yaitu berupa pembuatan kegiatan webinar Webinar Literasi Media dan Kecerdasan Digital Serta Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik KKNT-UPI 2021 yang dilaksanakan pada Minggu, 25 Juli 2021. Dalam Kegiatan ini terdapat 3 Pematerian Penting dari 3 pemateri hebat, yaitu :
  1. Multimedia literasi dan kecerdasan digital - Prof. Dr. Deni Darmawan. M.Si (Kepala Humas UPI )
  2. Peran Digital Citizenship Dalam Kerangka Literasi Media dan Kecerdasan Digital - Prof. Dr. Cecep Darmawan, S.Pd.,S.IP.,SH.,M.Si.,MH (Guru Besar UPI)
  3. Keterbukaan Informasi Publik Pemerintah Desa - Yudaningsih Sa'ad, M.Si (Anggota Komisi Informasi Jawa Barat)

Dalam Kegiatan ini saya mengundang mengundang para perangkat RW, Perangkat Kelurahan, serta masyarakat RW019 dengan harapan dapat mendukung masyarakat dapat menerapkan media digital yang tersedia untuk bertukar informasi serta melakukan pengembangan kegiatan yang ada di masa pandemi ini sehingga dapat bernilai ekonomi.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN