Mohon tunggu...
Putri Nakayaanni
Putri Nakayaanni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ilmu Komunikasi ULM 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bukan Sekadar Pajangan! Pancasila Berperan sebagai Alat Pemersatu Bangsa Terutama di Era Global Saat Ini

23 Oktober 2021   04:26 Diperbarui: 23 Oktober 2021   04:35 71 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Monumen Pancasila Sakti, Sumber: Media Sosial @m.reza.yudhistira)

Pancasila adalah dasar negara yang menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Pusat segala kenegaraan Indonesia terletak dalam nilai Pancasila serta pusat identitas demokrasi Negara Indonesia juga terdapat dalam nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

Ideologi Pancasila terbukti mampu menjaga keutuhan persatuan bangsa ditengah keberagaman suku, agama dan budaya yang ada di Indonesia. 

Hal ini dapat dilihat dengan bertahannya Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia. Jadi, bangsa Indonesia tidak dapat hidup tanpa nilai Pancasila, jika bisa pun maka dipastikan akan mengalami kekacauan karena begitu beragamnya perbedaan yang ada di dalamnya.

Seiring perkembangan zaman, tentunya sangat diperlukan kesadaran yang tinggi dari kita sebagai generasi penerus untuk bisa benar-benar mengerti dan paham benar apa itu nilai-nilai Pancasila sekaligus mengaplikasikan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa Pancasila memengaruhi keutuhan NKRI?

Seperti yang sudah tidak asing untuk didengar, bahwa Pancasila memengaruhi keutuhan NKRI.

Pancasila merupakan nilai yang menaungi segala keragaman di Indonesia.

Nilai Pancasila tidak begitu saja menjadi sebuah dasar Negara, namun melalui segala proses musyawarah dan perumusan yang dilakukan tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia silam. 

Nilai ini menjadi sebuah ideologi yang berhasil menaungi segala perbedaan yang ada dan berhasil diterima oleh semua kalangan masyarakat yang beragam. 

Maka dapat dikatakan bahwa Pancasila merupakan nilai pemersatu bangsa, dimana jika nilai ini digantikan oleh nilai lainnya yang sepihak atau segolongan saja pasti akan menimbulkan kekacauan akibat perbedaan pandangan antar kelompok atau golongan masyarakat yang beragam. Hal ini jelas akan menyebabkan disintegrasi yang mengancam keutuhan NKRI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan