1.Pengertian Filsafat Pendidikan pada Progresivisme
   Progresvisme yaitu suatu aliran yang dapat berkendak oleh adanya perubahasn yang secara praktis dalam pendidikan agar menuju ke arah yang positif , bahwa pendidikan itu harus mampu meubahkan kepada diri peserta didik agar menjadi pribadi yang taguh dan biar mampu menghadapi berbgai persoalan yang menyesuaikan driri dengan berkehidupan sisial di masyrakatanya.
     Menurut progresivisme belajar berangkat dari asumsi anak didik itu bukan manusia kecil manusia yang seutuhnya alalu mempunyai potensi yang tinggi, belajr itu dapat dilaksanakan berbagai harus dipusatkan pada diri siswanya bukan dari guru bahkan pelajaranya. Dalam pandangan progresivisme belajar dapat dipusatkan pada diri iswa bukan guru atau bahan pelajarannya.
2. Pemikiran tokoh Aliran Filsafat Pendidikan pada Progresivisme
 a.  Wiiliam James
     Beliau berpendapat bahwa otak dan pikiran harus mempunyai nilai biologis dan nilai kelanjutan kehidupanya. Dan fungsi otak dan pikiran sebagai bagisan dari mata pelajaran pokok.
b. John Dewey
   Tentang sekolah adalah progresivisme yang menekankan kepada peserta didik daripada mata pelajaran sendiri. Menurut beliau pendidikan dapat diartikan proses dari kehidup dan tidak ada persiapan pada masa yang akan dating.
Hans Vaihinger
Dia berpendapat penyesuaian sebagai obyek tidak akan dibuktikan untuk satu-satunya ukuran bagi si pemikir ialah gunanya, untuk mempengaruhi kejadian di dunia pengertian itu dapat berguna dapat menguasai dunia.