Mohon tunggu...
putriamelliaa
putriamelliaa Mohon Tunggu... mahasiswa

hobi mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Mengenal Aturan di Lingkungan Sekitar dengan Media Pop-Up Book: Inovasi Edukatif di Kelas 4 Sd

9 Juli 2025   20:05 Diperbarui: 9 Juli 2025   19:55 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada tanggal 18 Juni 2025, saya beserta rekan-rekan kelompok dari Universitas Pelita Bangsa melakukan kegiatan observasi lapangan ke SDN Jayasampurna 04 tepatnya di kelas 4 SD dengan membawa media pembelajaran interaktif berupa pop-up book. Kegiatan ini dilakukan atas izin pihak sekolah dan bertujuan untuk menyampaikan materi aturan di lingkungan sekitar dengan berbagai pendekatan yang menyenangkan bagi siswa. Observasi lapangan ini dilakukan dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Desain Ruang dan Pembukaan Kegiatan

Sebelum pembelajaran dimulai, kami melakukan persiapan terlebih dahulu dengan mengatur posisi tempat duduk siswa membentuk huruf U. Tujuannya agar seluruh siswa dapat melihat media pop-up book dengan jelas dan memudahkan berinteraksi secara langsung selama kegiatan pembelajaran. 

Kegiatan dibuka dengan perkenalan diri dari masing-masing anggota kelompok, dilanjut dengan penyampaian tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, kami mengadakan sesi ice breaking yang bertujuan untuk membangun antusiasme siswa/i. 

Mengenalkan Media Pop-Up Book

Sebelum kami menyampaikan materi secara langsung, kami memancing rasa ingin tahu siswa terlebih dahulu dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar materi yang akan dibahas. Selanjutnya, kami mulai memperkenalkan media pop-up book yang kami bawa. Pop-up book ini dirancang dengan kreatif, menampilkan ilustrasi tiga dimensi yang menggambarkan situasi nyata tentang aturan di lingkugan sekitar seperti, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Media yang kita buat mendapat respon positif dari siswa, sehingga menumbuhkan rasa penasaran dan antusias karena sebagian besar siswa belum pernah melihat dan menggunakan media pembelajaran dalam bentuk pop-up book sebelumnya.

Presentasi Materi dan Interaksi Langsung

Prsesentasi materi yang kami sampaikan dengan bahasa yang sederhana, disertai dengan visual dari pop-up book untuk membantu pemahaman siswa. Materi mencakup aturan-aturan dasar yang harus dipatuhi di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghormati orang tua dan guru, serta mengantri dengan tertib.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam, kami berkeliling ke setiap kelompok siswa dan mengajak mereka melihat juga mencoba langsung pop-up book yang kami buat. Siswa sangat antusias membuka, menarik, dan menyentuh bagian-bagian bergerak dalam buku. Aktivitas ini sangat sesuai dengan karakter anak usia sekolah dasar yang memiliki rasa ingin tahu tinggi dan belajar melalui pengalaman konkret.

Evaluasi Dalam Bentuk Games Kelompok Edukatif

Untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah kami sampaikan, kami melakukan evaluasi dengan mengadakan games edukatif yang dilakukan secara berkelompok. Untuk membangun rasa semangat belajar yang tinggi kami memberikan reward di akhir permainan, sebagai bentuk apresiasi terhadap keberanian dan keaktifan siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun