Mohon tunggu...
Putri Alif
Putri Alif Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Remaja 19 tahun yang menyukai hal hal menulis, mendegarkan musik dan membaca buku tema fantasy. Perempuan dengan zodiak taurus yang lahir 28 april akan memasuki umur 20 tahun di tahun 2024.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya Kesadaran tentang Kesehatan Mental

10 Oktober 2023   23:40 Diperbarui: 10 Oktober 2023   23:44 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pict from writer's camera

Hari Selasa, 10 Oktober 2023 resmi diperingati sebagai hari kesehatan mental dunia. Pada tahun ini, WHO mengusung tema "our minds, our rights". Kesehatan mental didefinisikan sebagai kondisi atau keadaan seseorang yang berasal dari psikis dan jiwanya yang mana berkaitan dengan cara menjalani kehidupan. 

Lebih singkatnya kesehatan mental ini berasal dari dalam diri dan mengenai psikis kita. Adanya perubahan situasi dari tahun ke tahun, semakin banyak pula tuntutan untuk kita dalam menghadapi suatu perubahan.  Setiap pergantian generasi diketahui semakin meningkatnya kasus permasalahan mengenai kesehatan mental. 

Seperti saat ini, dilihat dari banyak nya remaja yang mengalami masalah tentang kesehatan mental. Tak jarang didapati remaja dengan masalah stress berlebihan hingga mengakibatkan depresi. Beragam permasalahan mengenai memburuknya kesehatan mental dari setiap individu seharusnya membuat kita lebih mendukung mereka. 

Dukungan yang kita berikan dapat menjadi semangat bagi mereka yang merasa membutuhkan seseorang untuk membantunya. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan mental dapat berasal dari dalam diri masing masing dan dari lingkungan. 

Saat seseorang memiliki tuntutan dan tekanan dalam hidupnya, ia tidak dapat mengontrol pikirannya dan menjadi hilang arah. Disinilah peran dari kita sebagai support system untuk membantu, bisa dengan meluangkan waktu mendengarkan keluhan dan cerita mereka. 

Dari faktor lingkungan, sering kita dengar orang yang selalu melontarkan kritikan pedas, cacian bahkan kata-kata tidak baik yang dapat memenuhi pikiran kita dengan hal berbau negatif. 

Lalu saat kita mencoba membicarakan mengenai kesehatan mental kita, tak jarang orang akan menganggap nya sebagai angin lalu atau bahkan terkesan merendahkan. 

Permasalahan mengenai kesehatan mental bukanlah hal yang bisa di sepelekan. Tak jarang banyak dari mereka yang berkondisi kesehatan mental tidak baik, lebih memilih untuk menyerah. 

Kesehatan mental ini mengenai psikis kita yang mana sangat membutuhkan bantuan, support dan penyembuhan dari hati ke hati. Dengan memberikan kesadaran dan menghargai kondisi kesehatan mental setiap individu sangatlah penting. 

Hal tersebutlah yang menjadi tujuan diperingatinya hari kesehatan mental sedunia dengan memberikan hak asasi kemanusiaan kepada mereka yang memiliki kondisi kesehtan mental. 

Mari bersama kita saling menghargai diri kita dan orang lain. Berikan apresiasi pada mereka dan berterima kasihlah pada diri kita sudah berjuang melewati permasalahan. Peluk diri kita karena kita sangat berharga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun