Mohon tunggu...
Risma Febrina Folasimo
Risma Febrina Folasimo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Saya Risma Febrina Folasimo, seorang mahasiswa yang senang menulis artikel populer. Saya memiliki ketertarikan besar pada isu-isu sosial, budaya, dan psikologi. Hobi saya meliputi membaca, mengikuti seminar, dan menjelajahi tempat-tempat baru. Kepribadian saya adalah antusias, kritis, dan terbuka terhadap berbagai pandangan. Topik konten favorit saya mencakup: Isu sosial, budaya, teknologi dan kesehatan mental maupun psikologi. Saya bersemangat untuk berbagi pemikiran dan pandangan saya melalui Kompasiana. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mengenal saya. Selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mental Care: Merawat Kesehatan Mental Sama Pentingnya dengan Kesehatan Fisik

10 Juni 2024   17:42 Diperbarui: 10 Juni 2024   17:53 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selfcare. Sumber Ilustrasi gambar: Perawatan Diri Sendiri Peduli - Pixabay 

Mengapa Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Sama Pentingnya Banyak orang mengintegrasikan olahraga, diet sehat, dan rutinitas tidur yang baik ke dalam rutinitas mereka. Namun, saya percaya bahwa menjaga kesehatan mental kita sama pentingnya, jika tidak lebih penting, daripada menjaga kesehatan fisik kita. 

Perawatan kesehatan mental, juga dikenal sebagai perawatan mental, adalah komponen penting dari kesejahteraan yang sering diabaikan, tetapi berdampak signifikan pada kualitas hidup kita.

Untuk alasan apa kesehatan mental penting?

Kesehatan mental yang baik adalah kunci untuk menjalani hidup yang produktif dan bahagia. Semua aspek kehidupan kita dapat terpengaruh ketika kesehatan mental kita terganggu. 

Stres, depresi, dan kecemasan tidak hanya mengganggu pikiran kita tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik kita. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam The Lancet Psychiatry, gangguan kesehatan mental dapat meningkatkan risiko penyakit fisik seperti diabetes dan penyakit jantung.

Kesehatan mental yang baik juga membantu kita mengatasi tantangan hidup, membangun hubungan yang sehat, dan mencapai potensi penuh kita. Masalah kesehatan mental dapat menghalangi kita untuk menikmati hidup kita dan mencapai tujuan kita jika tidak ditangani dengan benar.

Tidak perlu tindakan kompleks atau mahal untuk merawat kesehatan mental. Untuk membantu menjaga kesehatan mental kita, berikut adalah beberapa praktik sederhana namun berhasil:

  • Berbicara dengan Seseorang: Dukungan emosional dan perspektif baru dapat diperoleh dengan berbagi perasaan dengan teman, keluarga, atau terapis.
  • Latihan Pengendalian Diri dan Meditasi: Teknik pengendalian diri dan meditasi dapat membantu menurunkan stres dan meningkatkan konsentrasi.
  • Aktivitas Fisik: Berolahraga baik untuk pikiran dan tubuh. Olahraga dapat meningkatkan produksi hormon bahagia atau endorfin.
  • Mendapatkan Jumlah Tidur yang Cukup: Kurang tidur dapat memperburuk depresi dan kecemasan. Tidur yang cukup penting untuk kesehatan mental.
  • Mengatur Waktu dengan Baik: Mengelola waktu dengan baik dapat membantu kita merasa lebih tenang dan memiliki kontrol lebih atas situasi kita.
  • Hindari Konsumsi Berlebihan: Jangan terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau narkoba karena dapat memperburuk masalah kesehatan mental Anda.

Stigma yang masih ada di masyarakat merupakan salah satu tantangan terbesar dalam perawatan kesehatan mental. Banyak orang takut mencari bantuan karena merasa malu atau tidak mampu. Saya pikir kita harus mengubah perspektif ini dan memberi tahu orang bahwa meminta bantuan untuk masalah kesehatan mental adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan.

Jangan pernah ragu untuk mendapatkan bantuan atau berbicara tentang masalah kesehatan mental Anda; perawatan yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidup, hubungan, dan produktivitas kita. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan fisik dan mental kita sama pentingnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun